Tiga Kapal Latih Jepang Merapat ke Indonesia

0 komentar
Tiga kapal latih bela diri Jepang merapat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/2). Kapal JS Hamagiri, JS Sawayuki, dan JS Sayuki beserta 600 anggota pasukan bela diri Jepang ini datang ke Indonesia untuk mempererat persahabatan dengan Indonesia. Rencananya, juga akan dilakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut Indonesia.

Ketiga kapal tersebut, yang disambut oleh Wakil Kedubes Jepang untuk Indonesia Makita Shimokawa, dikomandani oleh Kolonel Laut Tomoo Mizukami.

Mizukami mengatakan, banyak kapal berbendera Jepang yang melalui jalur pelayaran di Laut China Selatan, karena negara-negara setempat beserta pasukan bela diri Jepang harus menjaga keamanannya. Dia mengungkapkan kekhawatirannya akan peningkatan teknologi tempur China yang dapat mengganggu kestabilan kawasan Laut China Selatan.

Sebelumnya, Oktober 2010 lalu, dua kapal latih Jepang Kapal Yamagiri dan Kapal Pengawal Sawayuki di bawah komando Laksamana Muda Shinichi Tokumaru pernah berlabuh juga di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada saat itu, kedua kapal yang membawa 710 anggota pasukan tersebut berada di Jakarta dari 2-5 Oktober 2010 untuk memeriahkan Jak-Japan Matsuri dan melakukan latihan bersama AL Indonesia.

Mizukami rencananya akan melakukan kunjungan kehormatan ke Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) dan Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (KOARMABAR) hari ini, Rabu (29/2).
Continue reading →

Panglima TNI Beri Arahan Pasis Dikreg 50 Seskoal

0 komentar
Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E di sela-sela kesibukannya masih menyempatkan diri memberi pengarahan dan pembekalan kepada 150 orang Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke 50 tahun 2012 di Bumi Cipulir - Seskoal, Jakarta, Selasa (28/2).


            
Dalam pengarahannya, Panglima TNI mengambil tema “Kebijakan Strategis Mabes TNI dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI serta keselamatan bangsa”. Pengarahan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut di awali dengan penjelasan Panglima TNI yang diantaranya mengulas tentang berbagai perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional yang perlu diketahui oleh para Pasis Seskoal, kebijakan TNI tentang right sizing and zero growth, strategi TNI dalam pencapaian Minimum Essential Forces/MEF, pemberdayaan industri pertahanan nasional, pencegahan gangguan keamanan dan pelanggaran hukum di laut dan udara, kebijakan pembinaan penggunaan kekuatan TNI yang diarahkan tercapainya kemampuan, kekuatan dan gelar TNI yang mampu menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta keselamatan bangsa dalam tataran MEF,  dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
            
Dalam sesi tanya jawab, Panglima TNI banyak memberikan kesempatan kepada para Pasis untuk mengajukan pertanyaannya termasuk Pasis dari manca negara, yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, China, Malaysia, Philipina dan Singapura. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Pasis Seskoal diantaranya adalah masalah penggunaan kekuatan TNI dalam menanggulangi terorisme serta menghadapi perang asimetris, pengembangan organisasi TNI AL khususnya Pembentukan Divisi Marinir dan pengembangan Komando Wilayah Laut (Kowila), intensitas pelaksanaan latihan gabungan trimatra terpadu serta kebijakan pertahanan di daerah rawan konflik diselaraskan dengan otonomi khusus.
            
Selain pertanyaan, para Pasis juga menyampaikan beberapa saran kepada Panglima TNI seperti peningkatan fungsi Litbang dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam memenuhi kemandirian alutsista, serta pembentukan strategi maritim Indonesia di hadapkan dengan banyaknya masalah yang datang dari laut. Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga memberikan penjelasan seputar filosofi sifat air yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena air memiliki sifat tenang; mengalir ke laut; bisa untuk bercermin; mengalir ke bawah; bersifat pemersatu; bersifat suci; dan bersifat lembut sekaligus kuat.
            
Sebelum acara dimulai, Panglima TNI melaksanakan Foto Bersama dengan para Pasis Seskoal beserta Komandan Seskoal dan Staf, termasuk pendamping Panglima TNI yang terdiri dari Asrenum Panglima TNI, Waasops Panglima TNI dan Waaspers Panglima TNI.
Continue reading →

Jepang beri sinyal pembatalan beli jet tempur F-35

0 komentar
Menteri Pertahanan Jepang, Naoki Tanaka menyarankan pemerintah Jepang untuk membatalkan pembelian jet tempur F-35, jika biaya pengadaan jet tersebut mengalami kenaikan atau pengirimannya tertunda.

Jepang sebelumnya berencana, memakai pesawat tempur F-35 untuk memperkuat satuan tempur angkatan udaranya. Pesawat ini sedang dikembangkan oleh Amerika Serikat (AS) dengan delapan negara sekutunya.

Untuk pembelian Jet tempur itu, Pemerintah Jepang sudah mengalokasikan dana untuk 4 unit jet tempur F-35 itu. Setiap unit jet tempur itu, Jepang mengalokasikan anggaran US$ 123 juta.
Namun, harga jet tempur F-35 tersebut ada kemungkinan naik, sebab AS memutuskan menunda pembuatan sebagian besar F-35, karena ada pemotongan anggaran pertahanannya.

Tanaka mengatakan, jika harga beli naik dan tanggal pengiriman jet tempur itu juga tidak sesuai kesepakatan, maka pemerintah Jepang akan mempertimbangkan scrapping kontrak atau memilih jenis jet tempur lain.
Continue reading →

Rusia Pesan 20 Unit MiG-29 Varian Kapal Induk

0 komentar
Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangangi kontrak pengadaan 20 unit pesawat tempur MiG-29K dan MiG-29KUB untuk melengkapi armada penerbangan angkatan lautnya.

"Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov dan Direktur Umum MiG Sergei Korotkov telah menandatangani kontrak pengadaan MiG-29K dan MiG-29KUB yang dioperasikan dari kapal induk," demikian dinyatakan pihak pabrikan pesawat MiG, Rabu (29/2/2012).

MiG-29K (kursi tunggal) dan MiG-29KUB (kursi tandem) adalah varian khusus MiG-29 yang dioperasikan dari kapal induk. Dibanding versi standarnya, MiG-29 varian ini dilengkapi sayap yang bisa dilipat, kait penahan untuk membantu pengereman saat mendarat di kapal induk, kerangka pesawat yang diperkuat, dan kemampuan tempur multiperan dengan dilengkapi rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Pesawat itu akan dioperasikan dari satu-satunya kapal induk yang masih dimiliki Rusia, yakni Admiral Kuznetsov, yang menjadi bagian dari Armada Utara AL Rusia. Selama ini, AL Rusia mengoperasikan pesawat Sukhoi Su-33 dari kapal induk tersebut.  
Continue reading →

Dunia Kembali Khawatir Adu Rudal Iran-Israel

0 komentar
Pejabat Amerika Serikat (AS) dan analis militer tengah dirudung kekhawatiran, bahwa Israel akan meluncurkan serangan rudal ke Iran dan nantinya memicu serangan balasan dari Teheran.

Ketegangan memang terjadi antara kedua negara ini, menyusul program nuklir Iran yang dituduh dapat menghasilkan senjata nuklir. Israel khawatir bahwa senjata yang dituduhkan itu dapat digunakan untuk menyerang Negara Yahudi.

Serangan rudal berbalasan ini dapat cepat merembet menuju konflik regional, yang tentunya memicu AS untuk turun tangan melindungi kepentingannya di Timur Tengah. Dalam kata lain, AS bisa saja memberikan bantuan kepada Israel yang selama ini merupakan sekutu terdekatnya.

Menurut beberapa analis militer, serangan dari Israel bisa diarahkan ke beberapa instalasi nuklir terpenting Iran melalui serangan udara dan rudal. Israel bisa saja mengerahkan pesawat pengebom tak berawak untuk menyerang Iran.

Tetapi para ahli belum bisa mengukur kekuatan Iran bila negara mereka diserang. Mereka pun memperkirakan akan menggunakan rudal untuk melancarkan serangan balasan. 

Menurut beberapa ahli, Iran memiliki rudal yang mematikan lebih banyak dari Israel dan memiliki kemampuan menyentuh wilayah populasinya.

"Saya kira bila Israel menyerang, Iran akan memberikan respons yang setimpal," ujar ahli dari Seton Hall University Christopher J Ferrero seperti dikutip NBC News, Rabu (29/2/2012).

Ferrero menambahkan, Iran akan melancarkan serangan ke kota besar Israel dengan menggunakan rudal Shahab 3. Rudal ini memang tidak seakurat milik Israel, tetapi amat efektif untuk menciptakan teror dan kerusakan hebat.
Continue reading →

Tentara AS 'Belajar' di Masjid Ohio

0 komentar
Sekelompok tentara Amerika telah mengunjungi sebuah masjid di Ohio. Hal ini mereka lakukan, untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang islam dan latar belakang yang mungkin mereka hadapi pada misi masa depan mereka.

"Tugas kami adalah untuk menenangkan hati dan pikiran,"kata Kapten Patrick Seaman, dikutip The Columbus Dispatch, Selasa (28/2), dikutip onislam.

Menurutnya, "Saya tidak ingin pertama kalinya mereka berbicara dengan seseorang dari negara lain atau iman mereka menjadi (sementara dikerahkan),"

Tiga puluh atau lebih tentara cadangan prajurit dari Kompi B, Batalyon urusan sipil 412th (Lintas Udara), mengunjungi pusat kebudayaan islam Noor, di Hilliard pada Sabtu kemarin.

Selama kunjungan, para prajurit bertemu dengan beberapa anggota masjid, dan banyak dari mereka lahir di luar negeri.

Mereka menghabiskan sekitar tiga jam di pusat kebudayaan islam itu, dengan berbicara dengan beberapa anggota masjid serta makan bersama makanan tradisional india dan makanan timur tengah.

Kapten Seamen mengaku puas dengan kunjungan tersebut, dia mengatakan bahwa, pelatihan ini dapat berguna untuk menggantikan dan menjadi bekal pengalaman dunia nyata, dalam berbicara dan memperoleh kepercayaan dari orang-orang dengan latar belakang yang berbeda.

Selain tentara Amerika, anggota masjid juga mengaku senang dengan kunjungan tentara tersebut, Asim Haque, salah seorang anggota dewan pusat kebudayaan Noor mengatakan, acara ini juga sangat bermanfaat buat muslim, sebab dapat membantu muslim melakukan misi untuk menginformasikan semua tentang islam didaerah Columbus,"Ada banyak yang bisa kami tawarkan dan informasikan,"kata Haque.

"Jika kita tidak membantu dengan ini di Columbus, Ohia, siapa lagi??,"tambahnya.

Acara ini juga membantu keduanya, antara tentara dan muslim untuk mendobrak streotipe dan hambatan diantara keduanya
Continue reading →

Ratusan Tentara Kodam V Brawijaya Bongkar Tembok, Warga Pasrah

0 komentar
Tembok pagar pembatas di Perumahan Taman Hayam Wuruk akhirnya dibongkar puluhan anggota Kodam V Brawijaya, setelah kemarin batal karena mendapat perlawanan warga.

Ratusan tentara gabungan dari Denma, POM, dan beberapa kesatuan lainnya di Kodam V Brawijaya, menjebol tembok di sisi selatan. Saat penjebolan tembok yang dilakukan pada pagi tadi sekitar pukul 06.00 Wib, tidak ada perlawanan dari warga. Padahal, kemarin warga siap melawan menggunakan bambu runcing dan bom molotov.


"Kegiatan ini mulai jam 6 pagi. Kita bersyukur tidak ada perlawanan dan sesuai harapan kami damai-samai saja untuk kebaikan," kata Asisten Logistik (aslog) Kodam V Brawijaya, Kol Bueng Wardadi kepada wartawan di lokasi, Rabu (29/2/2012).

Dari pantauan detiksurabaya.com, setelah tembok tersebut dijebol, ratusan tentara dari Kiwal Denma Kodam V Brawijaya yang mengenakan kaos doreng, bergotong royong meratakan tanah dengan menggunakan sekrop hingga alat drum roller, yang rencananya akan dibangun jalan selebar 5 meter.

Para pejabat utama kodam seperti Irdam, Aslog, Denpom, serta Danrem Baskara Jaya berada di lokasi untuk memantau aktivitas pembangunan jalan tembus ke komplek rumah dinas di sisi selatan Taman Hayam Wuruk.

Aslog menegaskan, hari ini tidak ada kegiatan penggusuran rumah warga yang ditempati 42 KK terdiri dari anggota aktif, purnawirawan, warakawuri hingga putra tentara kodam.

"Perintah panglima (pangdam) hanya membuka jalan saja," terangnya.
Continue reading →

Iran Siap Perkuat Militer Lebanon

0 komentar
Militer Iran siap bantu Lebanon (Foto: AP)
TEHERAN - Hubungan antara Iran dengan Lebanon memang dikenal dekat. Iran bahkan menyatakan kesiapannya untuk memperkuat militer Lebanon.

Tentunya kesiapan Iran ini menjadi nafas segar bagi militer Lebanon. Mereka pun menyambut baik keputusan dari Negeri Paramullah itu.

"Iran siap untuk memperkuat militer Lebanon. Penting bagi Iran untuk memberikan dukungan bagi Lebanon, agar mampu melawan ancaman dari luar serta aksi terorisme," jelas Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi seperti dikutip Trend, Senin (27/2/2012).

Vahidi menambahkan, bahwa Lebanon harus memiliki militer yang kuat untuk melindungi negaranya sendiri. Tentunya Lebanon melalui Menteri Pertahanan Fayez Ghosn, menilai hal ini dapat membantu kekuatan negaranya.

Kedua negara memang dikenal amat dekat. Kedekatan ini memang tidak lepas juga dukungan Iran kepada Hizbullah yang berada di Lebanon.

Keterkaitan keduanya juga membuat Hizbullah turut disalahkan dalam insiden pengeboman kedutaan besar Israel di India dan Georgia. Israel menuduh Hizbullah Lebanon terlibat dalam kedua pengeboman itu bersama dengan Iran.

Israel menuduh Hizbullah turut terlibat karena ingin membalas dendam atas kematian pejabat militer Hizbullah Imad Mughniyeh yang tewas dalam ledakan bom mobil misterius di Damaskus, Suriah, pada 2008 lalu. Meski menepis terlibat, Hizbullah bersumpah akan membalas dendam atas kematian Mugniyeh.

Ketegangan hubungan antara Israel dan Iran yang semakin memanas juga mengundang perhatian yang cukup serius bagi Hizbullah. Nasrallah bahkan mengatakan, Iran takkan meminta Hizbullah agar menyerang Israel. Namun, Hizbullah akan bersiap diri untuk mengambil tindakan guna merespons sikap Israel.
Continue reading →

Turki Peringati 15 Tahun Kudeta Militer 28 Februari 1997

0 komentar

Partai politik dan LSM Turki melakukan aksi protes pada hari Selasa kemarin (28/2) mengutuk keras kudeta yang berlangsung 28 Februari 1997 pada peringatan kudeta ke-15.

Anggota dari Asosiasi Hak Asasi Manusia dan Solidaritas untuk Rakyat Tertindas (MAZLUM-DER) mengadakan aksi protes di G√ľniz Street di Ankara, di mana rumah Suleyman Demirel, yang menjadi presiden pada saat kudeta, berada.


Menyampaikan pernyataan pers, presiden MAZLUM-DER Ahmet Faruk Unsal mengatakan Demirel, kepala Staf Umum dan komandan pasukan militer pada waktu itu semuanya harus diadili karena peran mereka dalam melakukan kudeta.

Anggota MAZLUM-DER juga melakukan aksi protes di Istanbul untuk mengutuk kudeta 28 Februari 1997, menggunakan miniatur tank, referensi ke tank militer yang menggelinding melewati distrik Sincan Ankara untuk menunjukkan kekuasaan pada Februari 1997.
Para pengunjuk rasa mengenakan kaos yang bertuliskan "Hati nurani rakyat" dan secara simbolis mengirim kembali tank kembali ke barak.

Anggota Partai Felicity (SP), penerus Partai Kesejahteraan, yang dipaksa mengundurkan diri pada tahun 1997, menggelar aksi protes di Istanbul Taksim Square pada Selasa kemarin.
Anggota SP meneriakkan slogan-slogan yang mendukung mantan pemimpin mereka Necmettin Erbakan, dan mereka mengutuk semua intervensi militer.
Continue reading →

Korea Utara Ancam Perang, AS Cuek

0 komentar
Amerika Serikat menolak sebagai "retorika dan gertakan" biasa ancaman perang Korea Utara saat menanggapi pelatihan militer gabungan AS-Korea Selatan. "Ini adalah pelatihan reguler. Kami biasa menghadapi retorika dan gertakan pada saat pelatihan-pelatihan ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Victoria Nuland kepada wartawan. "Jadi kami menganggapnya bukan satu kabar buruk baru," katanya ketika ditanya tentang ancaman-ancaman itu.

Korsel dan AS melakukan pelatihan militer tahunan, sementara Korut mengatakan pihaknya siap perang atas apa yang disebutnya satu provokasi yang tiada hentinya itu.
Seorang juru bicara kementerian luar negeri Korut mengecam pelatihan yang dilakukan beberapa hari setelah para pejabat AS dan Korut berunding di Beijing. "Korut siap sepenuhnya baik untuk dialog maupun perang", katanya kepada kantor berita resmi KCNA.

Pelatihan 'The Key Resolve Exercise'yang dimulai Senin adalah pelatihan perang 12 hari yang sebagian besar melibatkan pelatihan perang yang disimulasi komputer sementara pelatihan Foal Eagle 1 Maret sampai 30 April melibatkan pelatihan lapangan untuk pasukan angkatan udara, darat dan laut.
Continue reading →

Tunisia tak Ingin Campur Tangan Militer di Suriah

0 komentar
Juru bicara presiden Tunisia telah menyampaikan kembali sikap negaranya terhadap setiap bentuk campur tangan militer untuk diterapkan di Suriah. Laporan berita resmi Kantor Berita Tunisia, TAP, kemarin, menyampaikan, Tunisia tetap menyerukan penyelesaian politik di Suriah, tapi bukan dalam  bentuk campur tangan militer.

Menurut juru bicara Tunisia, pihaknya mengesampingkan keinginan untuk menyediakan senjata bagi Tentara Suriah Bebas. Tentara ini adalah milisi bersenjata yang menentang pemerintah Suriah. Menurutnya, penyediaan senjata itu merupakan bentuk campur tangan asing dan militer ke Suriah. Tunisia berharap menyatukan oposisi Suriah, ia mengatakan sebagaimana dilaporkan Xinhua, yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa (28/2).

Juru bicara itu, yang merujuk kepada "Konferensi Teman-teman Suriah" yang digelar pekan lalu di Tunisia, menyatakan bahwa konferensi tersebut tak mengesahkan suatu deklarasi atau pun saran tertentu untuk penyelesaian Suriah.

Suriah pada Senin (27/2) mengumumkan hasil referendum mengenai rancangan undang-undang dasar baru yang diselenggarakan sehari sebelumnya. Negara itu menyatakan lebih dari 89 persen pemilih yang memenuhi syarat mendukung piagam baru tersebut.

Namun, hasilnya tetap mengundang keraguan dari oposisi Suriah. Senin pagi, Menteri Dalam Negeri Suriah, Mohammad Chaar, mengatakan sebanyak 89,4 persen pemilih mendukung rancangan undang-undang dasar baru tersebut.

Chaar mengatakan dalam satu pernyataan bahwa sebanyak 8.376.447 warga, atau 57,4 persen pemilih yang memenuhi syarat, memberi suara mereka dalam referendum mengenai rancangan undang-undang dasar baru. Sebanyak 7.490.319 di antara mereka menyetujuinya dan 753.208 mengatakan "tidak". Ada 132.920 kertas suara yang tidak sah, atau sebanyak 1,6 persen kertas suara, kata Chaar.
Continue reading →

NCX 208 (Flash Exercise) KRI SIM 367 dengan FGS ENSDORF M-1094

0 komentar
NCX (Navigation Communication Exercise) 208 Flashex KRI SIM 367 dengan kapal Jerman FGS Ensdorf M-1094. Adalah latihan kirim terima berita melalui isyarat sinar bidik (flash) ini digunakan sebagai sarana untuk mengirim sandi morse berita guna menjaga kerahasian suatu operasi. 

NCX (Navigation Communication Exercise) 208 Flashex KRI SIM 367

Tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih personel komunikasi agar selalu menjaga kemampuan dalam mengirim, menerima dan mengupas berita taktis selama melaksanakan lintas laut di daerah operasi.

NCX (Navigation Communication Exercise) 208 Flashex KRI SIM 367
NCX (Navigation Communication Exercise) 208 Flashex KRI SIM 367
Pelaksanaan latihan dimulai dengan flash cek dimana unsur-unsur mengirimkan nama panggilan masing-masing untuk mengetahui apakah sinar bidik dari tiap-tiap unsur dapat terbaca dengan baik oleh unsur yang lain. Setelah dilaksanakan flash cek FGS Ensdorf M-1094 yang pertama mengirimkan berita ke KRI SIM 367 sebanyak 3 berita yang langsung dijawab oleh penerima Selanjutnya bergantian. KRI SIM – 367 juga mengirimkan 3 berita dan dijawab oleh FGS Ensdorf M – 1094.

Seluruh kegiatan dapat berjalan lancar tanpa hambatan, dengan alokasi waktu 2 jam dan unsur-unsur dapat menerima dan mengirim berita sesuai prosedur dengan baik.
Continue reading →

Pemerintah RI 'Belanja' 9 Pesawat Militer Airbus C-295 Rp 3 Triliun

0 komentar
Pemerintah Indonesia membeli 9 pesawat militer Airbus jenis C-295 senilai US$ 325 juta atau sekitar Rp 3 triliun. Pesawat pertama akan dikirimkan di 2012, dan sisanya dikirimkan pada 2014.

Pesawat militer Airbus jenis C-295 itu biasanya digunakan untuk pertahanan, logistik, dan kemanusiaan. Menurut Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, jenis tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan militer dan transportasi kemanusiaan.

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi negara kami dan juga industri penerbangan Indonesia," jelas Purnomo dalam penandatanganan kesepakatan di sela-sela 'Singapore Airshow', seperti dikutip dari AFP, Rabu (15/2/2012).

"Jenis C-295 memberikan kapasitas ideal untuk merespons kebutuhan militer Indonesia saat ini dan di masa depan, serta transportasi kemanusiaan," tambahnya.

Tipe C-295 merupakan pesawat transportasi berukuran menengah yang dapat digunakan untuk berbagai operasional seperti pengawasan, perang dan operasional pencarian dan penyelamatan.

"Pesawat itu akan digunakan untuk berbagai tujuan termasuk militer, logistik, kemausiasan dan misi evakuasi medis," demikian pernyataan tentang C-295.

Purnomo tidak menegaskan apakah nantinya akan menambah armada C-295, ia hanya mengatakan pasukan lain tertarik dengan jenis tersebut.

"Kepolisian misalnya, juga tertarik dengan ini. Dan Anda tahu, versi 295 yang kami pesan sekarang adalah untuk Angkatan Udara dan kemungkinan tentara nasional juga tertarik," tambahnya lagi.
Continue reading →

Intai Kapal Selam, Jepang Gunakan Helikopter

0 komentar
Kunjungan kapal perang pasukan bela diri Jepang, disertai dengan unjuk gigi teknologi perang. Atase Pertahanan Kedutaan Besar Jepang Kolonel Kondo menjelaskan fungsi helikopter yang terpampang di landasan di kapal perang.

"Helikopter ini banyak sekali kegunaannya. Helikopter dapat kita gunakan untuk mencari kapal selam musuh. Namun, helikopter ini juga dapat digunakan oleh proses evakuasi korban bencana," ujar Kolonel Kondo di atas Kapal Perang Hamagiri, Jakarta, Selasa (28/2/2012).
 
 
Kondo ikut pula menyoroti peristiwa-peristiwa bencana alam yang sempat muncul di wilayah Asia, oleh karena itulah helikopter ini sangat dibutuhkan.

Helikopter yang terpampang di atas kapal perang Jepang adalah helikopter bermerk Amerika Serikat (AS), meski demikian helikopter itu dibuat oleh Jepang dan menggunakan teknologi Jepang.

Kapten kapal perang Jepang Kolonel Tomoo Mizukami mengatakan, helikopter itu juga merupakan simbol keeratan hubungan antara AS dan Jepang. Meski demikian, Jepang tetap akan menjalin hubungan yang erat dengan Indonesia dan negara lainnya.
Continue reading →

RI Akan Berlatih Tempur dengan Jepang

0 komentar
Atase Pertahanan Kedutaan Besar Jepang Kolonel Kondo mengatakan Jepang dan Indonesia berniat untuk mengadakan latihan perang. Namun waktu latihan itu belum ditentukan.

"Ada rencana antara Jepang dan Indonesia untuk mengadakan latihan militer gabungan, namun kami belum tahu kapan latihan miliiter gabungan itu dilakukan," ujar Kolonel Kondo di atas Kapal Perang Hamagiri, Jakarta, Selasa (28/2/2012).



Kolonel Kondo menjelaskan, latihan militer Jepang dan Indonesia masih bersifat rencana serta belum diatur untuk kelanjutannya.

Isu mengenai latihan militer Indonesia dan Jepang juga tidak menjadi pokok pembahasan dari kunjungan tiga armada tempur Pasukan Beladiri Jepang ke Jakarta yang saat ini berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok
Continue reading →

Prajurit POM TNI Tangani Kecelakaan Lalu Lintas di Lebanon

0 komentar
(Marjayoun-Lebanon, 27 Februari 2012). Satgas POM TNI Kontingen Garuda XXV-D/UNIFIL di bawah Komandan Letkol Cpm Ida Bagus Rahwan Diputra, S.H., kembali menangani kasus kecelakaan kendaraan UNIFIL Kontingen Malbatt dengan kendaraan sipil, pada UTM 735556-679940 daerah Markaba, Lebanon Selatan, Minggu sore (26/2) waktu Lebanon.

Sesuai dengan tugas operasional Satgas POM TNI Konga XXV-D/UNIFIL Sector East Military Police Unit (SEMPU), setelah menerima informasi kecelakaan lalu lintas kendaraan UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) di wilayah operasi yang menjadi tanggung jawabnya, Duty Officer langsung memerintahkan Tim QRAT (Quick Reaction Accident Team) untuk melaksanakan olah TKP.

Prajurit POM TNI  handles traffic Accident in Lebanon 3
Dantim QRAT Serka Sedyo Wijoyo dengan anggota Serka Dulmin, Sertu Rupinus dan Serda Zia August serta Investigator Lettu laut (PM) Anantyo Prahasto, S.H.,langsung meluncur ke lokasi terjadinya kecelakaan.
Setelah tiba dilokasi pada UTM. 735556-679940 daerah Markaba, tim yang dipimpin Serka Sedyo Wijoyo langsung melaksanakan olah TKP sesuai dengan tugas masing-masing. Setelah dilaksanakan investigasi di TKP, diketahui bahwa kecelakaan terjadi antara kendaraan UNIFIL jenis Land Rover dengan plat nomor UN 12204 yang dikemudikan oleh TPR Muhamad Hapini Bin Hamadan dari Kontingen Malbatt yang berkedudukan di UN Posn 2-1, bertabrakan dengan kendaraan sipil dengan plat nomor N 40375.
Akibat dari kecelakaan ini, kerugian personel dari kedua belah pihak mengalami luka ringan dan telah dilaksanakan pengobatan serta perawatan. Sementara, kerugian material kendaraan UNIFIL mengalami kerusakan pada sisi kiri depan dan kendaraan sipil mengalami kerusakan pada posisi yang sama namun lebih parah, karena kendaraan sipil masuk ke selokan keluar dari jalan raya.

Prajurit POM TNI  handles traffic Accident in Lebanon 5
Prajurit POM TNI  handles traffic Accident in Lebanon 6
Guna melengkapai pemberkasan, prajurit POM TNI melaksanakan pemeriksaan terhadap pengemudi kendaraan UNIFIL yaitu dengan melaksanakan alcohol test atau breath analyzer yang bertujuan untuk mengetahui apakah pengemudi tersebut mengkonsumsi minuman ber-alkohol melebihi batas yang telah ditetapkan oleh UN. Hal ini sudah merupakan prosedur tetap dalam penanganan traffic acccident sesuai dengan SOP (Standart Operasi Prosedur) dari UN yang dilaksanakan oleh seluruh International Military Police (IMP) UNIFIL. No : SP-26/II/2012/Konga XXV-D/UNIFIL
Continue reading →

Komandan Indobatt Tinjau Pos Perbatasan Lebanon - Israel

0 komentar
Komandan Satuan Tugas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) Letkol Inf Suharto Sudarsono meninjau kesiap siagaan pos-pos perbatasan antara Negara Lebanon dengan Israel yang dijaga oleh prajurit TNI / Indobatt selama 24 jam pada Jumat malam (24/2) waktu Lebanon.

Menurut Komandan Indobatt, tujuan peninjauan ke pos-pos perbatasan selain mengecek kesiap siagaan prajurit secara langsung di lapangan juga memberikan dorongan moril dalam melaksanakan tugasnya.

Tinjau Perbatasan Lebanon 100_6969
Sebagai Komandan Indobatt, saya harus turun ke lapangan, dengan mengunjungi para prajurit yang bertugas di lapangan dan diharapkan dapat memberi dorongan moril dan semangat dalam melaksanakan tugasnya.”
 
Lebih lanjut dikatakan, “apabila ada kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, akan segera diketahui dan dicarikan solusi pemecahannya, sehingga tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.”

Kegiatan diawali dengan meninjau Observation Post (OP) Mata Kompi Delta, OP-16 dan OP-37 yang merupakan area Kompi Eagle yang berada disekitar garis pembatas (Blue Line) antar kedua negara Lebanon dengan Israel. Sebelum kembali ke Markas, Komandan Indobatt meninjau Pos XC-5 dan M3 Point yang merupakan area tanggung jawab Kompi Chetah, Pos M3 Point lokasinya berdekatan dengan Pos LAF dan sungai Litani River yang rawan terhadap penyelundupan senjata.

Tinjau Perbatasan Lebanon 100_6939
Tinjau Perbatasan Lebanon 100_6946
Pelaksanaan peninjauan dilaksanakan dengan menggunakan tiga buah kendaraan tempur (Ranpur) jenis Anoa 6×6 produksi Indonesia, jenis VAB Komando dan jenis BTR 80 A.

Tinjau Perbatasan Lebanon 100_7013
Turut serta mendampingi Komandan Indobatt dalam kunjungannya ke pos-pos perbatasan, Perwira Polisi Militer Mayor Cpm Tatit Rosadi, Kasiops Satgas Kapten Inf Resa dan Perwira Pekas Satgas Kapten Cku Riko. No : SP-37/II/Pen Konga XXIII-F/UNIFIL
Continue reading →

Salah satu resiko patroli di IDP Camp: Stoning

0 komentar
El Fasher, 28 Januari 2012. Senja mulai menggelayut di langit, namun tidak demikian dengan FPU Indonesia IV yang akan melaksanakan tugas pengawalan dan patroli bersama para Police Advisor ke IDP’s Camp Zam-zam, tetap harus bersemangat layaknya matahari yang akan terbit …. Memang demikianlah tugas yang kami emban sesuai dengan mandat yang diberikan oleh UNAMID.

ZamZam IDP
As Darfur Fighting Continues, Thousands Flee to IDP Camp
Patroling Darfur
Pukul 17.30 kami pun berangkat menuju Team Site Zam-zam untuk menjemput para Police Advisor dan langsung menuju CPC (Community Policing Center). Setelah sampai di CPC lama (UNAMID sedang membangun CPC baru yang lebih representatif di Zam-zam), dilakukan koordinasi antara kami dengan mereka tentang pelaksanaan tugas. 

INDONESIAN FPU NEW HOPE FOR  DARFUR
1st pletoon
Karena adanya jam malam yang diberlakukan, maka patroli harus dilaksanakan sebelumnya. Pada awal patroli, seperti biasa kami mengitari IDP’s Camp Zam-zam dengan beriringan tanpa ada halangan yang berarti. 

Community Policing tidak dapat dilakukan oleh para Police Advisor karena keadaan yang mendekati malam, jadi kami hanya melaksanakan patroli saja. Namun begitu mendekati lokasi CPC baru, dari arah kanan tiba-tiba: “Brakkk…!!“, kami dilempar oleh orang yang tidak dikenal dengan sebuah benda keras (kami perkirakan batu), sehingga mengenai kaca samping kanan penumpang. 

Kaca pun pecah & hancur, tinggal butiran kaca yang tersisa di kursi dan lantai kendaraan patroli. Kami pun bergegas memacu kendaraan untuk masuk ke CPC baru untuk memeriksa keadaan kendaraan patroli kami.

Stoning of FPU Vehicle 2
Stoning of FPU Vehicle 1
Sesuai prosedur, segera kami laporkan kepada atasan di Garuda Camp untuk dibuatkan laporan kepada UNAMID tentang kejadian itu. Kepada GoS (Government of Sudan) Police kami juga melapor, yang paling-paling juga tidak ada kelanjutan tindakan dari polisi lokal. Tak lupa kami memohon kepada-Nya, semoga tidak terjadi lagi pada pelaksanaan patroli berikutnya. 

Selain melapor dan berdoa, tidak ada yang bisa kami lakukan untuk melaksanakan tindakan kepolisian sebagaimana di Indonesia dengan mencari dan menangkap pelakunya serta mengumpulkan barang bukti yang dipergunakan untuk melakukan tindak pidana, karena memang kewenangan kami terbatas hanya pada keselamatan para Police Advisor dan tentu kesalamatan diri sendiri.

Sunset in Darfur
Kejadian stoning (pelemparan batu) oleh masyarakat lokal memang sudah sering kami alami namun hanya batu-batu kecil yang mengenai kami & tidak dihiraukan. Masih untung kami mengenakan body gear yang qualified mulai dari helm, kaca mata google, body vest, pelindung siku dan lutut sehingga tidak berakibat fatal (masih bisa bilang “masih untung” yaaa…….). 

Namun kali ini yang kami alami berbeda…. langsung mengenai kendaraan kami yang juga merupakan alat transportasi kami dalam melaksanakan tugas. Satgas terdahulu pun mengalami hal yang sama sehingga mengakibatkan pecahnya kaca kendaraan sampai beberapa kali.

Yang kami tidak habis heran, kami sudah berupaya menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat lokal dengan berbelas kasihan memberikan sarana kontak berupa makanan dan minuman kepada anak-anak kecil, namun masih ada saja halangan bagi kami untuk melaksanakan tugas dengan lancar.

Pemberian sarana kontak tersebut juga masih diper(ma)salahkan karena mendidik anak-anak kecil itu untuk meminta makanan (kepada kami – FPU Indonesia) sehingga mereka memilih menunggu di CPC untuk mendapatkan sedikit makanan daripada sekolah. Kepada kami memang mereka selalu demikian, tidak seperti saat FPU negara lain yang melaksanakan tugas di CPC Zam-zam yang tidak pernah memberikan sesuatu kepada masyarakat lokal, sehingga anak-anak kecil pun tidak pernah mendekat kepada FPU negara lain tersebut.
FPU 4 and Darfur Kids
Yahh…. demikianlah manusia….. tidak pernah puas dengan hanya menerima sedikit, selalu meminta yang lebih. Manakala pemberi tidak mampu memenuhi yang diminta, maka dicap: “Laa tamam …..”
Continue reading →

Wadan Satgas POM TNI hadiri pada Sertijab Komandan MTF

0 komentar
Blate Marjayoun UN Posn 7-3, 26 Februari 2012, Wakil Komandan Satuan Tugas POM TNI Kontingen Garuda Sector East Military Police Unit (SEMPU) XXV-D/UNIFIL, Mayor Laut (PM) Wahyu Dwi Sulistyo, S.T., menghadiri serah terima jabatan Commander Officer MTF (Maritime Task Force) UNIFIL di atas Kapal Perang Brazil BRS UNIAO di Dermaga Beirut, Lebanon, Sabtu (25/2).

Jabatan Commander Officer MTF (Maritime Task Force) UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) diserah terimakan dalam upacara Militer, dari Rear Admiral Luiz H Carolin kepada penggantinya Rear Admiral Wagner Lofes De Maraes Zamith dari Brazil, dengan Inspektur Upacara Force Commander UNIFIL Major General Paolo Serra. Hadir dalam acara serah terima jabatan Commander officer ini, Komandan unsur-unsur kapal perang yang tergabung dalam MTF antara lain dari Negara : Jerman, Turkey, Yunani, Bangladesh, Brazil dan Indonesia KRI Sultan Iskandar Muda-367 (SIM-367) dengan Komandan letnan Kolonel laut (P) Agus Hariadi.

Sertijab Komandan MTF  1
Sertijab Komandan MTF  2
Sertijab Komandan MTF  3
Dalam sambutannya Force Commander UNIFIL Major General Paolo Serra, antara lain mengatakan, ucapan terima kasih kepada pejabat lama Rear Admiral Luiz H Carolin yang telah memimpin unsur-unsur Maritime Task Force dengan baik dan menyampaikan ucapan selamat jalan dan bertugas kembali di negaranya. Sementara itu kepada pejabat yang baru disampaikan ucapan selamat bertugas dan pertahankan keberhasilan yang telah dicapai pejabat lama, bahkan untuk lebih ditingkatkan lagi dalam pelaksanaannya sebagai penjaga perdamaian di perairan di Lebanon.

Sertijab Komandan MTF  4
Sertijab Komandan MTF  5
Sertijab Komandan MTF  6

Hadir dalam sertijab orang nomor satu di Maritime Task Force ini, selain Komandan unsur yang tergabung dalam MTF antara lain Deputy Commander Officer MTF Kolonel Laut (P) Bambang Irwanto, Dansatgas Maritime TNI Konga XXVIII-C/UNIFIL, Letkol laut (P) Agus Hariadi yang juga Komandan KRI SIM-367, Komandan satgas Indobatt Letkol Infantri Suharto Sudarto, Wakil Komandan satgas POM TNI Kongan XXV-D/UNIFIL, Mayor Laut (PM) wahyu Dwi Sulistyo, S.T., OIC Traffic Kapten Laut (PM) Aang Iskandar S.Sos dan pejabat Militer dan sipil Beirut dan undangan lainnya. Nomor : SP/078/II/2012
Continue reading →

Dansatgas Indobatt Serahkan Tropy Pemenang Tarik Tambang Tingkat UNIFIL

0 komentar
Komandan Satuan Tugas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt), Letkol Inf Suharto Sudarsono di dampingi Wadansatgas Letkol Mar FJH. Pardosi menyerahkan Tropi dan piagam penghargaan dari UNIFIL, kepada tim dari Kontingen Ghana yang keluar sebagai pemenang peringkat pertama, pada acara pertandingan tarik tambang inter Kontingen yang diselenggarakan oleh Indobatt, di Markas Indobatt, Adshid al Qusayr, Lebanon Selatan, Kamis, (23/02). 

Pertandingan yang merupakan program Staf J-1 (Staf Personel) UNIFIL ini diikuti oleh sebelas Kotingen dari Negara-negara yang tergabung dalam pasukan misi perdamaian UNIFIL di Lebanon. Pelaksanaan lomba dilaksanakan selama tiga hari, masuk sampai dengan babak final pada hari ketiga yaitu tim tarik tambang dari Ghana, Batalyon China, Batalyon Malaysia dan Sector East Military Police Unit (SEMPU) dari Indonesia.

Tropy Tarik Tambang Tingkat UNIFIL KWZ_0318
Menempati urutan ke dua setelah Ghana tim dari Batalyon China, sedangkan urutan ke tiga ditempati oleh tim dari Sector East Military Police Unit (SEMPU) Indonesia yang mengalahkan tim dari Batalyon Malaysia.
Dalam sambutan singkatnya, Komandan Satgas Indobatt mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini, dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan suasana keakraban,” menang dan kalah suatu hal yang biasa dalam pertandingan, bukan menang atau kalah sebagai tujuan utama, namun jalinan keakraban dan semangat kebersamaan antar Kontingen menjadi tujuan kita bersama,” jelasnya.

Tropy Tarik Tambang Tingkat UNIFIL KWZ_0302
Tropy Tarik Tambang Tingkat UNIFIL KWZ_0316

Sementara itu untuk penyerahan tropy peringkat kedua diserahkan oleh Komadan Satgas SEMPU Letkol CPM, I.B.R Diputra dan untuk peringkat ketiga diserahkan oleh Wakil Komandan Satgas dari Kontingen Ghana Letkol N.Kaiisar.
Continue reading →

"Saya Terkesan dengan TNI Angkatan Darat"

0 komentar
Komandan Pasukan Darat AS untuk Armada Pasifik, Letnan Jenderal Francis Wiercinski, menilai kini saat yang tepat untuk menggalakkan kerjasama dengan TNI Angkatan Darat setelah Presiden Barack Obama menyatakan bahwa AS kini lebih memfokuskan kepentingannya di Asia. Penghematan anggaran oleh Pentagon, bagi dia, tidak berpengaruh pada struktur dan operasional pasukan yang dia pimpin. 

Dalam perbincangan dengan jurnalis VIVAnews dan sebuah media cetak di Jakarta, 20 Februari 2012, Letjen Wiercinski berharap bahwa makin banyak tentara Amerika untuk datang ke Indonesia untuk berlatih dan belajar memahami budaya dan sejarah setempat serta memetik pelajaran dari militer di negeri ini.

"Saya sangat terkesan dengan Angkatan Darat Indonesia (TNI-AD), terutama pada kepemimpinannya. Bagi kami kini saat yang tepat untuk membuka peluang kerjasama yang lebih besar dengan TNI AD, termasuk dalam menyelenggarakan latihan dan pelatihan dengan pasukan kami," kata Wiercinski.

Pertama kali berkunjung ke Jakarta selama tiga hari, 19-21 Februari 2012, Wiercinski menemui sejumlah petinggi militer, yaitu Panglima Kostrad Mayjen Asmyn Yusri Nasution dan Kepala Staf TNI AD Jenderal Pramono Edhie Wibowo. Dia juga memberi kuliah umum di Universitas Pertahanan Indonesia dan mengunjungi Museum Nasional dan Masjid Istiqlal.

Berikut perbincangan dengan Letjen Wiercinski saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari VIVAnews:
Apakah ini kunjungan pertama bagi Anda ke Indonesia? Apa agenda atau isu khusus yang Anda bicarakan dengan para mitra di Indonesia?Ini memang kunjungan pertama saya ke Indonesia dan sudah saya rencanakan selama bertahun-tahun namun baru kali ini bisa terwujud. Tidak ada agenda spesifik dengan para mitra bicara saya di Indonesia selain memperkuat hubungan dan dialog yang telah berjalan baik.

Kami juga ingin berupaya mencari ruang yang lebih efektif untuk meningkatkan kerjasama antarpersonel dari kedua negara.

Presiden Barack Obama telah mengatakan bahwa AS kini memfokuskan kepentingan keamanannya ke Asia. Apa dampaknya bagi hubungan militer-ke-militer antara AS dan Indonesia? Apakah kerjasama akan bertambah intensif?Kita sudah memiliki hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan AS. Presiden Obama memang telah menjelaskan pergeseran fokus ke Asia Pasifik. Maka Kepala Staf Angkatan Darat AS mengutus saya secara pribadi untuk datang ke Indonesia demi mempererat hubungan dengan saudara-saudara kami di TNI.

Saya berharap dan memperkirakan tidak ada perubahan besar pada struktur pasukan saya di kawasan Pasifik. Saya yakin bahwa hubungan baik yang telah kita bina ini terus berlanjut.

Kerjasama militer-ke-militer seperti apa yang saat ini harus menjadi prioritas antara AS dan Indonesia?Menurut saya, ini tidak lagi "harus" namun kerjasama itu "sudah" berjalan. Baik dari pihak kami maupun Indonesia tentunya sudah sepakat atas prioritas-prioritas yang harus dijalankan.

Menurut saya kedua pemerintah sudah tepat menetapkan beberapa prioritas bagi kemitraan militer-ke-militer, seperti peningkatan kerjasama tanggap darurat dan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam. Selain itu kami terfokus pada upaya membangun rasa saling percaya dan memahami satu sama lain.

Kami juga akan berupaya melibatkan lebih banyak lagi pasukan kami untuk datang dan berlatih di Indonesia. Mereka juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan dan sejarah setempat, begitu juga aspek taktik, teknik, dan prosedur dari Angkatan Darat Indonesia.

Saya juga melihat bahwa Angkatan Darat Indonesia juga akan meningkatkan kerjasama dengan kami.

Bagaimana Anda menilai kemampuan pasukan Indonesia dalam menanggapi tantangan-tantangan saat ini dan, meski unggul dari segi persenjataan dan sumber daya personel, apakah ada hal-hal yang pasukan Anda dapat pelajari dari Angkatan Darat Indonesia?Pertama-tama, saya sangat terkesan dengan TNI Angkatan Darat Indonesia, terutama pada kepemimpinannya. Bagi kami kini saat yang tepat untuk membuka peluang kerjasama yang lebih besar dengan TNI AD, termasuk dalam menyelenggarakan latihan dan pelatihan dengan pasukan kami.

Setiap kali menggelar latihan bersama, kedua pihak bisa saling belajar satu sama lain dan tidak hanya kami yang memberi pelajaran. Kami pun bisa memetik pelajaran banyak dari TNI AD untuk bisa menjadi masukan. Itulah hal yang paling berharga dalam bekerjasama dengan pihak lain, yaitu bisa melihat yang terbaik dan memetik pelajaran.

Bagaimana perkembangan latihan bersama antara militer Indonesia dan AS sejauh ini? Kami sudah menjalin latihan rutin dalam beberapa tahun terakhir. Ini sama dengan yang kami lakukan dengan Filipina dan negara-negara lain.

Di Indonesia, kami menggelar latihan bersama dengan nama operasi Garuda Shield (Perisai Garuda). Kedua pihak kini berupaya untuk meningkatkan lagi keikutsertaan prajurit aktif dalam latihan ini. Selain itu kami berupaya meningkatkan lagi tujuan-tujuan kerjasama antar pasukan.

Bukan itu saja latihan antara pasukan AS dan Indonesia, namun ada beragam progam kemitraan lain. Contohnya program pertukaran, latihan penanggulangan bencana alam, dan lain-lain. Saya senang dengan perkembangan kerjasama militer-ke-militer antara kedua negara.    

Anda telah memiliki pengalaman yang banyak, baik sebagai prajurit dan komandan pasukan AS di berbagai tempat. Apakah Anda pribadi pernah terlibat dalam kegiatan atau suatu operasi bersama pasukan Indonesia?
Saya pernah terlibat dalam kegiatan bersama dengan militer Indonesia dalam latihan gabungan Cobra Gold di Thailand beberapa waktu yang lalu. Dalam latihan itu, militer Indonesia menunjukkan kepemimpinan luar biasa. 
Saya juga bertukar pikiran dengan para perwira militer Indonesia yang menempuh pendidikan di AS, baik itu di Fort Benning, di Command and General Staff College di Fort Leavenworth dan di US Army War College di Carlisle Barracks. Saya selalu terkesan atas kualitas dan profesionalisme mereka.
 
Latihan Bersama TNI AD dan Pasukan AS di Bogor Juni 2011
 Pembukaan Latihan Bersama "Garuda Shield" pasukan TNI AD dan pasukan AS di Bogor Juni 2011 (US Army Website)

Sejumlah politisi dan kalangan publik lokal masih sedikit curiga mengenai inisiatif Presiden Obama dalam meningkatkan keberadaan militer AS di sekitar kawasan Asia Tenggara - seperti menambah pasukan Korps Marinir ke Darwin, Australia Utara, yang berlokasi relatif tidak jauh dari provinsi Papua di Indonesia yang tengah bergejolak. Mereka khawatir bahwa peningkatan pasukan AS di Australia Utara itu bisa saja membahayakan integritas teritorial Indonesia. Apakah Anda juga menaruh perhatian atas kecurigaan itu dan bagaimana mengatasinya?Jelas sekali saya tidak peduli atas isu itu. Apa yang terjadi di Australia itu hanyalah rotasi tugas pasukan Korps Marinir AS dan itu adalah kepentingan bilateral antara AS dan Australia.

Kami berlatih dengan Australia, sama seperti halnya kami berlatih dengan Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Jepang, Korea Selatan dan Filipina. Jadi rotasi [Korps Marinir] itu adalah kerjasama kami dengan Australia.
Rotasi itu hanya melibatkan sebagian kecil saja pasukan Marinir AS yang sudah ditempatkan di Australia. Jadi mereka hanya rotasi tugas dan penempatan. Saya tidak khawatir akan hal itu.  

Apa, menurut Anda, tantangan utama di kawasan Asia Pasifik yang harus ditanggapi secara kolektif dan sesegera mungkin oleh Angkatan Darat di negara-negara kawasan ini?
Sulit bagi kita untuk memprediksi peristiwa-peristiwa buatan manusia. Namun saya yakin hampir seratus persen bahwa akan ada lagi bencana alam di Asia Pasifik. Maka perlu upaya dan perhatian serius bagi semua pihak untuk mengantisipasi dan menanggulanginya.

Berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki masing-masing, kami bisa belajar untuk saling bekerjasama sehingga bisa menjadi lebih siap bila bencana datang lagi. Jadi bila ada permohonan bantuan atau tanggap darurat, kita sudah siap.

Kami di militer tidak diajarkan untuk berkata "Kami perlu waktu seminggu, sebulan atau setahun untuk siap." Profesi kami menuntut kami harus siap sekarang juga. Jadi dengan sering berlatih dan bekerjasama satu sama lain, maka kami semakin siap bila harus menghadapi bencana alam.
Continue reading →

Indonesia dan Malaysia menggelar latihan militer gabungan bersama

0 komentar
Jika tidak ada aral melintang, nantinya dua negara serumpun, yakni Indonesia dan Malaysia akan menggelar latihan militer gabungan bersama pada 2013 mendatang. Latihan gabungan yang biasa di kenal dengan Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013 tersebut, direncanakan akan meliputi latihan di Darat, Laut dan Udara.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan semuanya, Jumat(24/2) lalu, tim survei Latgabma MalindoDarsasa-8AB/2013 dari Markas Besar TNI melakukan kunjungan secara langsung ke Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

Tim yang berjumlah 4 orang personel tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Survei Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013, Kolonel Psk Roland DG Waha, bersama Letkol Inf Sidharta Wisnugraha, Letkol Laut (P) Agung Djaya Sakti dan Mayor Marinir Samson Sitohang tersebut disambut langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Sawa didampingi Kasrem O33/WP, Letkol Inf Bayu Haritomo, perwakilan Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun yakni Danramil 01/Tanjungbalai Karimun, Kapten Inf Handono di Bandar Udara Sei Bati, Kecamatan Tebing.

Menurut Kolonel Psk Roland DG Waha kepada Tribun menjelaskan bahwa maksud kedatangan mereka ke Tanjungbalai Karimun adalah untuk mengetahui infrastrutur, sarana dan prasarana yang ada di Bumi Berazam.

Dimana hal tersebut nantinya akan menjadi bahan dan data dalam penyusunan rencana kegiatan Latgamba Malindo 8AB/2013 tersebut.

Hal tersebut sengaja dilakukan mengingat, Kabupaten Karimun termasuk wilayah kepulauan dan masuk dalam Latgabma Malindo-8AB/2013 nantinya. Namun demikian, daerah mana saja yang akan menjadai daerah latihan bersama tersebut, Hanya saja, daerah mana saja di Karimun, Kolonel Roland DG Waha belum menjabarkannya secara gamblang.

"Kami datang untuk mengumpulkan bahan dan data terutama soal infrastruktur, sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Karimun untuk  menyusun rencana kegiatan Latgamba Malindo Darsasa-8AB/2013," ujar Kolonel Roland DG Waha menjelaskan.

Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013 tersebut,tambahnya, akan melibatkan pasukan dari unsur TNI yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta pasukan Angkatan Tentara Malaysia (ATM). Sementara untuk media latihan terdiri dari aspek darat, laut dan udara.

Selain itu, kata Roland, di sela-sela latihan rencananya juga akan dilangsungkan kegiatan bhakti sosial seperti pengobatan massal gratis bagi masyarakat sekitar, olahraga bersama dan malam prajurit.

Adapun tujuan latihan itu sendiri, nantinya sebagai cara dalam memelihara dan meningkatkan hubungan silaturahmi serta persahabatan antara kedua angkatan bersenjata dan juga dengan masyarakat sekitarnya.
Continue reading →

LATIHAN TERAKHIR TERJUN KOSTRAD DI NAMU SIRA-SIRA

0 komentar
Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hut ke  51 Kostrad yang kali ini mengusung tema “ Kostrad Siap Diterjunkan Diwilayah Manapun Untuk Menjaga Kedaulatan NKRI’’ adalah melaksanakan latihan terjun penyegaran statik dan Terjun Bebas Militer (TBM) selama 6 hari dimulai dari tanggal 23 sampai dengan 28 Februari 2012 diwilayah Sumatera Utara. Pada hari terakhir latihan terjun penyegaran statik kali ini Kostrad menerjunkan sebanyak 232 peterjun dari Denma Brigif Linud 17 Kujang 1 Kostrad yang berkedudukan di Cijantung Jakarta.


Tak kalah seru dan ramainya dengan penerjunan sebelumnya yaitu di Kuala Namu dan Hamparan Perak, latihan hari ini juga mendapat perhatian yang besar dari warga sekitar, dipimpin oleh Kpt Inf Jimmy P  Kasiter Brigade Linut 17/ 1 Kostrad yang mulai pukul 18.00 Wib sudah berada di daerah persiapan  Bandara Halim Perdana Kusuma dan menginap di bandara setelah melakukan persiapan selama kurang lebih 3 jam dimulai dari 02.00 wib dan terakhir dilakukan pengecekan terakhir peterjun segera masuk pesawat dan tepat pukul 05.00 Wib 4 pesawat Hercules C130 yang terdiri dari 2 Pesawat long body dan 2 Pesawat short body, take off dengan mulus meninggalkan landasan bandara menuju tempat penerjunan di Namu Sira-Sira. Binjai, Sumatera Utara.

Warga yang sejak pagi sudah memadati lokasi penerjunan, serentak segera mengarahkan padangan matanya kearah langit sesaat  setelah pemandu acara Serda Indra dari Brigif Linud  17 Kujang 1 Kostrad menyiarkan penerjunan akan segera dimulai dan tak lama dari kejauhan samar-samar terlihat 4 buah pesawat Hercules yang mengangkut para peterjun. Pukul 09.00 Wib satu persatu peterjun keluar dari pintu pesawat. Latihan terjun Kostrad ini menjadi hiburan untuk masyarakat Sumatera Utara karena latihan serupa terakhir dilaksankan tahun 2001 kala itu  masih ada Batalyon Linud 100  (sekarang Raider 100). Latihan ini  diharapkan bisa menumbuhan kecintaan terhadap tanah air serta menumbuhkan minat  pemuda/pemudi Sumatera Utara  untuk masuk menjadi anggota TNI.
Continue reading →

Tujuh Pelatih Militer AS Diserang Granat

0 komentar
Kemarahan warga Afghanistan terkait pembakaran Alquran masih belum padam. Pasalnya, sudah seminggu berlalu, aksi penyerangan terhadap militer Amerika Serikat masih terjadi. Kemarin, tiga perwira AS tewas ditembak mati di kantor Kementerian Dalam Negeri Afghanistan. Atas kejadian itu, jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) langsung mengungsikan para pejabat AS yang berada di kantor pemerintah tersebut.

Menyusul insiden penembakan tersebut, sebuah aksi penyerangan kembali terjadi. Seperti dilansir Reuters, Senin (27/2), sedikitnya tujuh pelatih militer AS mengalami luka-luka akibat terkena ledakan granat di markas AS, sebelah utara Provinsi Kunduz, Afghanistan bagian utara. Menurut polisi, insiden ini dipicu oleh pembakaran Alquran di markas NATO.

Kepala Kepolisian Daerah Samihullah Qatra menyatakan, ledakan granat tersebut mengakibatkan satu warga sipil tewas, tiga polisi terluka dan 15 lainnya cedera. NATO membenarkan telah terjadi ledakan di luar markas mereka. Namun, pakta militer itu menolak berkomentar mengenai korban.

Meskipun Presiden AS Barack Obama telah meminta maaf dan beberapa demonstran mengibarkan bendera putih sebagai simbol untuk berdamai, rupanya masih ada warga yang belum terima atas pembakaran kitab suci mereka. Terhitung 30 orang tewas dan 200 orang luka-luka, termasuk beberapa tentara AS dalam aksi protes yang berlangsung sejak pekan lalu.
Continue reading →

Korsel-AS Gelar Latihan Militer Gabungan

0 komentar
Korea Selatan dan Amerika Serikat menggelar latihan militer gabungan di wilayah Semenanjung Korea. Latihan tetap dilangsungkan kendati mendapatkan peringatan dan ancaman keras dari Korea Utara.

Diberitakan Al-Jazeera, latihan yang dimulai Senin, 27 Februari 2012, dinamakan Key Resolve. Latihan pos perintah komando terkomputerisasi ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 9 Maret mendatang.

Latihan ini lalu akan dilanjutkan dengan latihan tempur gabungan angkatan darat, laut dan udara, dari 1 Maret hingga 30 April, yang dinamakan Foal Eagle. Latihan ini diikuti oleh 2.000 tentara Amerika Serikat, termasuk 800 pasukan yang khusus didatangkan dari Negeri Paman Sam.

Sabtu pekan lalu, pemerintah Korut mengatakan latihan ini adalah deklarasi perang tersembunyi. Korut mengancam akan melakukan serangan, jika latihan ini mengganggu wilayah mereka.

"Ini bentuk gangguan terhadap martabat dan kedaulatan Korut yang tidak bisa dimaafkan. Tentara dan rakyat kami akan menghancurkan langkah kelompok pengkhianat di dalam dan luar negeri melalui perang suci," kata pemerintah Korut.

Pemerintah AS dan Korsel menegaskan latihan itu adalah untuk pertahanan. Dalam pernyataannya, AS mengatakan latihan akan dimonitor tim pengawas dari negara lain, untuk memastikan perjanjian gencatan senjata Korsel-Korut tidak terlanggar.

Kedua negara yang bertikai masih dalam situasi tegang menyusul baku tembak di perbatasan pada Maret 2010 lalu. Korut diduga menembak kapal perang Korsel yang menewaskan 46 nakhoda. Di tahun itu juga, Korut menghujani pulau Yeonpyong di Korsel dengan artileri, empat orang tewas.
Continue reading →