TNI AL Denpasar Gagalkan Penyelundupan 800 Ikan Napoleon

0 komentar
Denpasar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, menangkap kapal yang mencoba menyelundupkan 800 ikan langka jenis napoleon ke perairan Bali.

Upaya penyelundupan diungkap, Kamis (3/5/2012). Penangkapan ini berdasarkan adanya laporan dari masyarakat tentang adanya sebuah kapal dengan diawaki sekitar enam ABK menuju perairan Bali membawa ikan napoleon. 

"Dari informasi awal itu kita kemudian lakukan penangkapan," kata Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut Wayan Suarjaya kepada detikcom melalui telepon, Kamis (3/5/2012). 

Saat disergap oleh kapal patroli Lanal ini, kapal tersebut berada di perairan sebelah utara pulau Bali dan membawa ikan dengan nama latin Cheilinus undulates ini. 

Ikan karang dengan berbagai macam corak warna yang berukuran besar itu diangkut dari luar perairan Bali. "Barang bukti yang kita sita cukup banyak, saat ini masih kita lakukan penyelidikan," imbuhnya. 

Pengangkut ikan napoleon, KM Samudra Indah diamankan saat tiba di pelabuhan Sumber Kima, Buleleng, Bali Utara. Ikan itu disembunyikan di kolam yang terletak di bawah geladak kapal. "Modus itu terbongkar setelah anggota kita memeriksa seluruh isi kapal," ujar Suarjaya.

Untuk selanjutnya, Lanal Denpasar akan mengembangkan kasus tersebut termasuk mencari tahu untuk siapa dan dari mana ikan langka yang nilainya jutaan rupiah ini. "Ini baru saja selesai diperiksa, jadi masih kita kembangkan oleh kita lagi," pungkasnya.

Enter your email address:

Leave a Reply