Kendaraan Spesial Koleksi Pasukan Spesial, Kopassus

0 komentar
Kopassus Beraksi

Setelah pada artikel yang lalu kita membicarakan kendaraan khusus pertempuran jarak dekat yang dimiliki oleh Kopassus, maka pada artikel lanjutan ini kita akan membicarakan kendaraan taktis yang dipakai untuk angkut personel. Perbedaan mencolok Ransus dengan Rantis adalah kendaraan ini didesain untuk melindungi personel yang diangkutnya dari serangan pihak musuh dengan lebih maksimal. Sehingga bodi Rantis biasanya terbuat dari bahan yang mampu meredam tembakan hingga kaliber tertentu.

1. Rantis Angkut Personel(Kendaraan Taktis Angkut Personel)
Kendaraan ini diperuntukkan untuk mengangkut personel dalam menghadapi musuh dengan persenjataan yang lebih kuat untuk mencapai target terdekat dengan aman.. Sesuai dengan fungsinya, maka kendaraan ini mampu mengangkut prajurit lebih banyak dan dengan bodi kendaraan yang tertutup, berdinding baja atau sejenisnya dan dilengkapi senjata yang lebih kuat dari Rantus PJD.

Ada tiga rantis yang saat ini dimiliki Sat-81 Kopassus, satuan anti teror milik pasukan khusus negeri ini. Salah satunya buatan dalam negeri dan dua sisanya masih impor dan bertipe APC jenis MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) untuk daya lindung yang lebih kuat, terutama dari ancaman ranjau darat dan personel.

  1. 1. SSE P1 Pakci
Rantis buatan Indonesia ini dikembangkan pada era kepemimpinan KSAD Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu. Lahirnya rantis ini akibat efek tidak langsung dari embargo senjata yang menimpa Indonesia pada masa itu. Pakci dibuat oleh PT SSE pada rentang waktu 2003 – 2004, berbodi monokok dengan suplai tenaga dicomot dari mesin diesel 3000 cc milik Toyota Land Cruiser.

P1 Pakci mampu mengangkut 12 personel dengan perlindungan STANAG 4569 level 1 dengan perkuatan senjata mesin kaliber 12,7 mm atau AGL  40mm. Selain itu bamper berbentuk segitiga yang didesain untuk menjebol dinding bata dan menghadang kendaraan yang sedang dibajak dari depan.


SSE P1 Pakci Kopassus
Spesifikasi: awak 12 orang(10 prajurit, 1gunner, 1 sopir) / Berat: 4,5ton /Mesin: Diesel 3000cc / Kecepatan Maks: 120kpj /Level proteksi: Balistik 7,62 x 39mm AK; 7,62 x 51mm Ball / Persenjataan: senapan mesin 12,7mm atau AGL 40mm

  1. 2 Alvis Mamba MK.2
Sat-81 Gultor mengoperasikan Alvis Mamba tipe MK.2 SWB (Short Wheel Base) atau juga disebut Komanche SWB yang didesain untuk dapat mengangkut 7 personel. Rantis yang diimpor dari Afrika Selatan ini pada produksi awal (MK1) dibuat oleh TFM Industries, namun selanjutnya diakusisi oleh Vickers , berganti Alvis dan selanjutnya diambil alih oleh BAE Systems Land Systems South Africa divisi Land Systems OM.

Rantis ini masuk jajaran militer Afrika Selatan pertama kali pada tahun 1995, sedangkan untuk versi Indonesia merupakan buatan Alvis yang uniknya versi MK2 SWB atau juga disebut Alvis 8 dirancang khusus untuk militer Inggris. Hampir sama dengan Land Rover Wolf yang juga dimiliki oleh Gultor.


Alvis Mamba Kopassus dalam Latihan
Spesifikasi: awak 8 orang(6 prajurit, 1gunner, 1 sopir) / Dimensi(PxLxT): 5,4m; 2,2 m; 2,4 m /Berat: 5ton /Mesin: Mercedes Benz OM-352 Diesel 6 cylinder 5675cc, 123hp / Kecepatan Maks: 102 kpj /Radius: 600 km /Level proteksi: Balistik 7,62 x 39mm AK; 7,62 x 51mm Ball / Persenjataan: AGL 40mm

  1. 3 Reumech OMC Casspir MK.3
Kendaraan yang juga tergolong MPV (Mine Protected Vehicle) ini dibeli pada tahun 2003 dan dikirim pada tahun 2004 sebanyak dua unit, yang merupakan unit bekas angkatan bersenjata Afrika Selatan. Rantis MPV ini mempunyai ciri khas yaitu lambung berbentuk huruf V yang bertujuan untuk meredam dari ledakan ranjau darat

Desain khasnya adalah lambung kendaraan yang berbentuk V yang bertujuan meredam dan memantulkan sebagian daya ledak ranjau. Lambung kendaraan sanggup menahan ledakan dua ranjau anti tank TM-57 secara beruntun (14 kg TNT) dan rodanya dirancang mampu meredam 3 ledakan beruntun ranjau anti tank TM-57 atau setara dengan 21 kg TNT. Bodi lambung monokok dari pelat baja anti peluru yang dilas. Lapisan baja zirah Casspir mampu meredam tembakan peluru senapan kaliber 5,56 dan 7,62 mm NATO juga pecahan proyektil. Dengan spesifikasi khusus bisa dibuat tahan tembakan senapan mesin penembus baja (anti-material) kaliber 7,62 mm. Kaca kendaraan setebal 53 mm tahan terhadap tembakan peluru kaliber 7,62 mm.


Reumech OMC Casspir MK3 dalam Sebuah Parade
Spesifikasi: awak 14 orang(12 prajurit, 1gunner, 1 sopir) / Dimensi(PxLxT): 6,9 m; 2,4 m; 3,1 m /Berat: 10 ton /Mesin: Mercedes Benz OM-352A Turbo Diesel 6 cylinder 5675cc, 166hp / Kecepatan Maks: 90 kpj /Radius: 850 km /Level proteksi: Balistik 7,62 x 39mm AK; 7,62 x 51mm Ball; ranjau darat 14kg TNT(bawah lambung); 21kg TNT(roda) / Persenjataan: Senapan mesin 12,7mm
————–
Sebenarnya disamping koleksi Ransus PJD dan Rantis angkut personel, Satuan Gultor kopassus juga memiliki jenis kendaraan spesial lainnya yaitu Ransus Pengusung tangga. Jadi sesuai dengan namanya, kendaraan ini diperuntukkan untuk mengangkut tangga lipat yang digerakkan dengan sistem hidrolik seperti mobil tangga milik pemadam kebakaran namun tinggi tangga tidak setinggi milik pemadam kebakaran, sekitar 8 meter tinggi maksimalnya. Namun sepertinya kurang menarik untuk dibahas, jadi kalau penasaran dengan kendaraan jenis ini silahkan baca majalah Commando terbitan Gramedia Group edisi bulan ini…akur?

Enter your email address:

Leave a Reply