Waspadai Korut, AS Kirim Pesawat Mata-mata Militer di Seoul

0 komentar
AS akan mengirim pesawat mata-mata ke Korsel untuk mendeteksi potensi serangan Korut jelang KTT Nuklir.


SEOUL, Jaringnews.com – Amerika Serikat menyatakan akan mengirim pesawat mata-mata militer ke Korea Selatan untuk mendeteksi potensi serangan dari Korea Utara, jelang KTT Nuklir yang akan diadakan di Seoul akhir bulan ini, Minggu (11/3).

Militer AS dan Korsel juga sedang membahas kemungkinan untuk menugaskan pesawat J-STARS (sistem pengawasan dan target serangan bersama) berjaga-jaga di titik-titik sekitar Seoul selama KTT Nuklir digelar pada 26-27 Maret 2012.

Pesawat J-STARS mampu terbang dengan ketinggian hingga 12 kilometer (7,4 mil) dan kecepatan jelajahnya mencapai Mach 0,8 serta dapat memonitor aktivitas militer Korut, termasuk gerakan pasukan, artileri dan misilnya.

Adapun pengawasan terhadap Korut akan semakin ditingkatkan mengingat forum global tersebut akan dihadiri lebih dari 50 kepala negara, termasuk Presiden AS Barack Obama.

Seorang pejabat militer senior Korsel, yang tidak mau disebutkan namanya, menyatakan kesiapan militer akan ditingkatkan untuk menjaga segala potensi serangan baik melalui darat, laut, udara maupun serangan cyber terhadap KTT Nuklir di Seoul nantinya.

Enter your email address:

Leave a Reply