Menlu dan Menhan RI Bertemu Menlu Australia

0 komentar
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia yang baru, Bob Carr, Kamis (15/3/2012), di Canberra, ibu kota Australia.


Sejak diangkat menjadi Menlu oleh Perdana Menteri Julia Gillard menyusul pemungutan suara bagi jabatan ketua Partai Buruh, pertemuan dengan para menteri dari Indonesia ini merupakan pertemuan kedua Carr dengan menteri asing. Kunjungan pertama Carr ke luar negeri adalah ke Selandia Baru yang dilakukan minggu lalu.

Carr menggantikan Menlu sebelumnya, Kevin Rudd, yang mundur guna menantang Julia Gillard, tetapi kemudian kalah.

Menurut laporan koresponden Kompas, L Sastra Wijaya, dari Adelaide, walau pertemuan antara Indonesia-Australia ini sudah dijadwalkan sebelumnya, pertemuan yang juga melibatkan Menteri Pertahanan Stephen Smith menunjukkan bahwa Menlu Carr akan menekankan Asia Pasifik dalam diplomasi luar negeri Australia 18 bulan ke depan.

Bob Carr sebelumnya pernah menjadi Menteri Besar (Premier) Negara Bagian New South Wales, tetapi mundur dari politik enam tahun lalu. Dia dianggap pilihan yang cocok untuk menggantikan Kevin Rudd karena Carr dinilai memiliki gaya diplomasi yang hangat.

Prestasi Kevin Rudd sebagai Menlu juga sebenarnya tidak buruk. Rudd banyak mendapatkan pujian, di antaranya dari berbagai laporan rahasia yang dibuat oleh Departemen Luar Negeri Inggris.

Enter your email address:

Leave a Reply