Mahasiswa Ikuti Ekspedisi Khatulistiwa Kopassus di Kalimantan

0 komentar
Sebanyak 571 warga sipil yang terdiri dari mahasiswa, dosen, media, dan pecinta alam akan ikut serta dalam Ekspedisi Khatulistiwa 2012 bersama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. 


Ekspedisi yang akan dimulai tanggal 3 April 2012 tersebut akan menyusuri daerah perbatasan di sepanjang Kalimantan.

Komandan Kopassus Mayor Jenderal Wisnu Bawatenaya mengatakan, ekspedisi ini bertujuan untuk memeliharan naluri tempur prajurit dan 0dikuasainya medan perbatasan di Kalimantan. Selain itu turut sertanya warga sipil dalam ekspedisi ini dapat membantu untuk melakukan pendataan terhadap perbatasan, kerusakan hutan, flora dan fauna khususnya penyelamatan orang utan, potensi geologi dan bencana, serta sosial budaya di kalimantan. 

“Ekspedisi ini akan terdiri dari berbagai tim yang juga terdiri dari berbagai ahli di bidangnya,” ujar dia saat melakukan Sosialisasi Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Balirung Universitas Indonesia, Rabu (7/3/12).

Personel TNI khususnya Kopassus yang akan diturunkan sebanyak 1.340 orang terdiri dari 656 dari pusat dan 684 dari daerah. Sementara warga sipil yang diikutsertakan terdiri dari 571 orang. “Terdiri dari berbagai macam kalangan seperti mahasiswa, dosen, juga media. Selanjutnya ekspedisi ini juga akan dibuat bukunya,” kata dia.

Enter your email address:

Leave a Reply