Kopassus Mampu Membuat Kendaraan Tempur

3 komentar
(Ray Jordan/Okezone)
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah berhasil merakit prototip kendaraan taktis yang akan menjalani uji kelayakan sertifikasi pada Mei 2012. Rantis ini memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya yang memadai dalam segala kondisi jalan dengan tenaga 4000 cc berspesifikasi mesin diesel.

Mobil ini dikenalkan pada saat pembukaan Rapat Pimpinan TNI tahun 2012 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/1/2012).

Kendaraan lapis baja yang dirakit oleh para prajurit Kopassus di PT Pindad, Bandung, sempat dijajal oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro didampingi Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

“Kalau mobil ini diproduksi massal, apa ada yang mau beli?,” ujar Purnomo kepada para wartawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun okezone, sebagian besar komponen mobil tempur ini berasal dari dalam negeri. Seperti rangka baja yang berasal dari PT Krakatau Steel, ban GT Radial dari PT Gajah Tunggal dan suspensi dan transmisi baik automatis maupun manual diproduksi oleh PT Petrodrill.

Sementara jok mobil dirancang oleh PT Pilar Mas Kursindo, karet dan packing dibuat oleh PT Indo Pulley Perkasa dan rancangan sistem aplikasi diproduksi oleh PT Alam Indomesin Utama. Adapun Sedangkan aksesoris militer, aplikasi sistem militer seperti radar dan senjata laras panjang yang berada di bagian atap mobil dipesan khusus ke PT Pindad.

Hanya saja mesin berjenis Land Cruiser 4,2 L Turbocharger didatangkan Autocar Power Pack Development Ltd asal Cina.

"Ternyata industri ketahanan nasional kita juga sudah cukup maju. Saya menyatakan apresias kepada teman-teman industri  pertahanan dari BUMN dan swasta," kata Purnomo.

Enter your email address:

3 Responses so far

  1. mantap kopassus....

  2. Kopassus Untuk Indonesia Gan...

  3. betyul banget gan...
    bravo KOPASSUS...... :D

Leave a Reply