Pasukan Iran Tembak Mati 6 Pedagang Pakistan

0 komentar
Pasukan keamanan Iran menembak mati enam pedagang Pakistan yang tengah mengambil hewan dagangannya ke Iran.

"Insiden ini terjadi Kamis (26/1/2012) di wilayah Iran yang berdekatan dengan Kota Gwadar Pakistan," ujar Deputi Komisioner Pakistan Abdur Rehman seperti dikutip Associated Press, Jumat, (27/1/2012).

Peristiwa penembakan ini terjadi setelah awal bulan ini, personil keamanan Iran diduga telah menyeberang ke wilayah barat daya Pakistan dan menewaskan satu orang.

Pihak berwenang Iran menolak untuk memberikan keterangan rinci terkait insiden penembakan yang dilakukan oleh pasukan keamanan Iran terhadap enam pedagang Pakistan itu.

Insiden penembakan enam pedagang Pakistan tampaknya tidak akan mempengaruhi hubungan kedua negara, mengingat besarnya kepentingan Islamabad dan Teheran.

Perbatasan Iran-Pakistan kerap mengalami berbagai insiden kekerasan. Penyelundupan, premanisme dan terorisme merupakan kegiatan yang marak terjadi di kawasan perbatasan kedua negara ini.

Hubungan Pakistan-Iran telah mengalami pasang surut dalam 20 terakhir. Perkembangan konflik kawasan menjadi salah satu faktor yang mendominasi hubungan kedua negara.

Selain itu ketegangan kelompok Sunni dan Syiah juga ikut mempengaruhi hubungan Islamabad dan Teheran.

Hubungan kedua negara kembali stabil sejak jatuhnya rezim Taliban di Afghanistan pada tahun 2002.

Enter your email address:

Leave a Reply