Tampil Beda di Olimpiade Militer, Kontingen TNI Pukau Ribuan Penonton

0 komentar
Kontingen TNI yang baru kali pertama mengikuti Olimpiade Militer langsung "tampil beda" dengan melambaikan Bendera Merah Putih dan Bendera Brasil saat defile peserta pada pembukaan di Stadion Olimpic Joao Havelange, Brasil.

Aksi yang tidak dilakukan kontingen negara lain itu, menyedot perhatian puluhan ribu penonton yang menyaksikan pembukaan Olimpiade Militer ke-5 pada Sabtu waktu setempat atau Ahad WIB. Gemuruh tepuk tangan penonton dan Presiden Brasil Dilma Rousseff yang hadir pun bergema di Stadion Olimpic Joao Havelange.

Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprapto, mengatakan olimpiade Militer Dunia kali pertama diselenggarakan di kota Roma, Italia, pada 1995. Selanjutnya berturut-turut pada 1999 di kota Zagreb, Kroasia, pada 2003 di kota Catania, Italia, terakhir di India pada 2007.

Pesta perhelatan olahraga militer dunia itu pun menampilkan atlet legendaries Pele yang pernah memperkuat tim sepak bola Angkatan Darat Brasil pada era 1950-an. Pele didaulat mendampingi seorang atlet yang bertugas menyalakan api kejuaraan.

Selama berlangsungnya pesta pembukaan itu, sang maskot olimpiade "Arion" sesekali muncul bersama-sama dengan tayangan penampilan ketiga Angkatan Bersenjata Brazil dalam misi perdamaian dunia.

Enam ribu atlet dan dua ribu delegasi dari 100 lebih negara ikut berpartisipasi memeriahkan pesta olahraga yang akan berlangsung selama sembilan hari. Kontingen TNI mengirimkan 90 atlet dan pendukung untuk bertanding dalam delapan cabang olah raga.

Enter your email address:

Leave a Reply