Indobatt latihan dengan Tentara Spanyol di Lebanon

0 komentar
Personel Satuan tugas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL melaksanakan latihan Unit Intelligence Surveillance and Reconnoissance Unit (ISRU) bersama kontingen Spanyol, pelaksanaan latihan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Area Of Responsibility (AOR) Kompi Alphard (A) UN Posn 9-63 dan di Area operasi Kompi Chetah © UN Posn 9-2, di Lebanon Selatan, Senin (23/01).

Latihan ini melibatkan 3 (tiga) mobil pendeteksi yang dilengkapi dengan peralatan dan kamera pengintai canggih dari Spanyol yang dapat mendeteksi dengan cepat apabila terdapat aktifitas-aktifitas yang mencurigakan disekitar area operasi Indobatt baik pada saat siang hari maupun malam hari.

UNIFIL Indobatt KWZ_0196
Latihan melibatkan empat tim dari masing-masing Kompi dengan skenario penempatan dua tim sebagai Temporary Observation Postn (TmOP) sebagai ujung tombak pencari informasi, dan dua tim lainnya sebagai Permanen Observation Post (PmOP), masing-masing postn terdiri dari enam personel Indobat dan 2 personel dari Spanyol, tim TmOP bertugas sebagai ujung tombak dilapangan sebagai pencari informasi dengan menggunakan peralatan pendeteksi canggih yang dimiliki Spanyol.

Selanjutnya informasi yang didapat oleh personel di TmOP dilaporkan kepada personel yang berada di Permanen Observation Post (PmOP,) untuk selanjutnya informasi tersebut diteruskan kepada piket TOC (Tactical Operation Centere) Sektor Timur untuk ditindak lanjuti sesuai dengan situasi dan kondisi kejadian yang sedang berlangsung.

UNIFIL Indobatt KWZ_0205
UNIFIL Indobatt KWZ_0222 UNIFIL Indobatt KWZ_0218
UNIFIL Indobatt KWZ_0209
Tindakan yang dilaksanakan tergantung dari ekskalasi kejadian yang terdeteksi pada saat itu, dalam ekskalasi darurat Komandan Sektor Timur (CO Seceast) dapat mengerahkan BMR (Battalion Mobile Reserve) terdekat, dengan mengerahkan QRT (Quick Reaction Team) ke lokasi kejadian untuk membantu perkuatan.

Dalam mengendalikan latihan tersebut bertindak sebagai Wasdal Lettu Inf Budi Prakoso Pasiops dan Pasi Intel Indobatt Kapten Mar Bejo Santoso, sebagai pelaku latihan dari masing-masing Kompi bertindak sebagai Komandan Tim Kompi Alphard Lettu Inf Tandjung dan dari Kompi C Lettu Mar Empri Hairudin, sedangkan dari Spanyol mengerahkan satu Unit ISRU dengan jumlah personel sembilan orang, sebagai Komandan tim Sersan Mayor Anger Bla. Walaupun cuaca hujan namun pelaksanaan latihan dapat dilaksanakan sesuai rencana. No : SP-26/I/Pen Konga XXIII-F/UNIFIL

Enter your email address:

Leave a Reply