China Kecam Program Nuklir Iran

0 komentar

Dalam kunjungannya ke Timur Tengah, Perdana Menteri Cina Wen Jinbao Wen mengkritik Iran terkait program nuklir mereka.

Sebagaimana dilansir New York Times, Sabtu (21/1), Wen memperingatkan agar Iran tidak membuat senjata nuklir. Peringatan Wen ini cukup mengagetkan. Tidak biasanya Cina mengkritik Iran secara tegas.

"Atas nama Cina, saya menentang upaya Iran untuk mengembangkan dan memiliki senjata nuklir," ujar Wen di Doha, Qatar. Secara eksplisit Wen juga memperingatkan Iran agar tidak menutup Selat Hormuz. Pasalnya, wilayah perairan yang berada di Teluk Persia itu merupakan jalur penting bagi distribusi minyak dunia. Menurutnya, penutupan selat tersebut merupakan aksi agresi terhadap negara-negara di dunia.

Sebelumnya, Iran pernah mengancam untuk menutup selat itu setelah Amerika Serikat berencana memberikan sanksi baru yang lebih keras terhadap Iran [baca: Iran Ancam Tutup Selat Hormuz]. Sanksi tersebut dilakukan untuk menghentikan proyek pengayaan nuklir Iran.

AS dan negara Barat khawatir Iran akan menggunakan nuklir itu untuk kepentingan persenjataan. Tetapi Iran berulangkali mengatakan, program nuklir mereka digunakan untuk kepentingan menyediakan kebutuhan listrik bagi rakyatnya. (NYTimes/YUS)

Enter your email address:

Leave a Reply