TNI-AL Denpasar Tangkap Kapal Pemburu Ikan Napoleon

0 komentar
Denpasar, PelitaOnline - Personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar menangkap sebuah kapal pemburu ikan Napoleon yang merupakan satwa langka dan dilindungi.

"Kami menangkap Kapal Samudera Indah di perairan utara Bali. Mereka tertangkap membawa ikan langka tersebut," kata Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa tertangkapnya kapal tersebut berawal dari informasi yang diperoleh pihaknya bahwa ada nelayan yang membawa ikan langka tersebut dari Perairan Banggai, Sulawesi Tengah, menuju Pulau Bali.


Setiba di utara perairan Bali, tambah Suarjaya, kapal pun ditangkap petugas yang sedang patroli. Dari dalam kapal ditemukan 500 kilogram ikan Napoleon.

"Jenis ikan itu dilindungi undang-undang sebagai satwa langka. Selanjutnya kami akan lakukan penyidikan," ujarnya, dikutip Antara.

Pihaknya belum bisa memastikan kepada siapa ikan-ikan tersebut akan dijual, namun diduga ada pemasok dan penerimanya dari Bali, bahkan kemungkinan akan diekspor.

Selain mengamankan kapal ikan, lanjut Suarjaya, pihaknya akan memproses enam orang nelayan itu. Mereka akan dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Satwa dan Sumber Daya Alam.

Ikan Napoleon sendiri jika diperjualbelikan bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Enter your email address:

Leave a Reply