Intelijen AS: Iran Pasti Membalas, Tapi tak akan Sulut Konflik Duluan

2 komentar
TEHERAN - Seorang pejabat intelijen AS senior menyatakan Iran tidak akan menyulut konflik terlebih dahulu . Menurut dia jika diserang, Iran akan merespon tetapi tidak terlihat tanda-tanda untuk memulai atau memprovokasi konflik.

"Iran dapat menutup Selat Hormuz setidaknya untuk sementara, dan dapat meluncurkan rudal terhadap pasukan Amerika Serikat dan sekutu kami di kawasan ini jika diserang," kata Menteri Pertahanan AS sekaligus Direktur Badan Intelijen, Letnan Jenderal Ronald Burgess pada sidang komite senat Angkatan Bersenjata, Kamis (16/2).



Burgess menambahkan bahwa jangkauan rudal balistik Iran, membentang di atas wilayah dan tengah Eropa, dan sebuah kendaraan rudal baru juga telah diluncurkan. Kondisi itu menunjukkan kemajuan Iran, dalam kemampuan rudal balistik antarbenua.

Ia mengakui bahwa meskipun sanksi meningkat, Iran tidak akan menghentikan program nuklirnya."Sementara tekanan internasional terhadap Iran telah meningkat, termasuk melalui sanksi, kami menilai bahwa Teheran tidak akan menyetujui untuk menghentikan program nuklirnya," kata Burgess.

Para pejabat Iran telah berjanji untuk menghancurkan setiap serangan militer terhadap negara itu, dan memperingatkan bahwa setiap tindakan tersebut dapat mengakibatkan perang yang akan menyebar di luar Timur Tengah.
Continue reading →

Jepang: Israel Serang Iran Sangat Berbahaya dan Memicu Krisis

0 komentar
TOKYO -- Keputusan Israel untuk menyerang Iran mendapat perlawanan dari beberapa negara, salah satunya Jepang. Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda telah memperingatkan Israel akan konsekuensi meluncurkan serangan militer terhadap Iran atas program nuklirnya.




Kunjungan Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak ke Jepang membicarakan, perihal kemungkinan serangan terhadap Iran akan segera dilakukan.  Untuk itu, Nod mengatakan, "Serangan ini akan menjadi sangat berbahaya dan akan meningkatkan krisis di wilayah tersebut," katanya, Kamis(16/2), dikutip PressTv.

Awal bulan ini, Barak mengklaim bahwa jika sanksi-sanksi Barat terhadap Iran gagal untuk menghentikan program nuklirnya, tindakan militer terhadap negara itu harus menjadi agenda Israel.
Continue reading →

Rusia Waspadai Kemungkinan AS-Israel Serang Iran

0 komentar
MOSKOW -- Rusia membuat persiapan untuk menanggapi serangan militer Israel atau AS terhadap Iran pada tahun 2012 ini.

Menurut World Tribune, Kremlin telah memerintahkan pasukan militernya untuk merancang setiap serangan pada fasilitas nuklir Iran.

Laporan itu juga menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia telah mendirikan fasilitas untuk memantau Teheran sebagai sekutu dekat Moskow dan mitra dagang. "Iran telah menjadi fokus utama Kremlin, bahkan Departemen Pertahanan telah mendirikan sebuah pusat untuk memonitor situasi di Iran dan seluruh Timur Tengah," kata Kepala Staf Umum Rusia, Nikolai Makarov, seperti dikutip press tv.


Jenderal Rusia menambahkan bahwa tekanan internasional terhadap Iran atas program nuklir negara itu telah berkembang dan dapat diikuti dengan aksi militer. "Kami dulu punya seorang jenderal yang bertugas setiap saat untuk menerima perintah. Sekarang, kami telah membuat sebuah pusat situasi yang menerima semua informasi yang diperlukan secara real-time, "tambahnya.

Menurut World Tribune, Amerika Serikat juga telah meningkatkan pemantauan Israel terhadap Iran karena khawatir akan terjadi perang regional pada tahun 2012 ini.

Amerika Serikat dan Israel menuduh Teheran mengejar tujuan militer dalam program nuklirnya. Di bawah dalih ini, Washington dan Tel Aviv telah berulang kali mengancam Tehrean dengan "pilihan" serangan militer terhadap fasilitas nuklirnya.

Pada tanggal 9 Februari lalu, Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman sekali lagi mengancam Teheran dengan serangan militer atas program nuklir Republik Islam itu. "Israel memiliki banyak pilihan cara, ketika dunia sanksi internasional gagal membujuk Iran untuk menghentikan program nuklirnya," kata pejabat Israel utusan PBB di New York.
Continue reading →

Ambon kembali membara, darah kembali tumpah di Desa Pelauw!

0 komentar
Belum hilang dari ingatan kaum Muslimin kerusuhan di Ambon yang terjadai pada tanggal 11 September 2011 lalu yang telah menewaskan 8 orang kaum Muslimin, ratusan luka, dan ratusan rumah kaum Muslimin terbakar di Waringin dan Mardika, kemarin malam, Sabtu 11 Februari 2012 kota Ambon kembali membara. Kejadian berdarah kembali terjadi, kali ini di desa Pelauw, kabupaten Maluku Tengah. Koresponden Arrahmah.com melaporkan langsung dari TKP.

Rusuh Karena Rebutan Raja?
Kerusuhan berdarah kembali terjadi di Ambon, khususnya di desa Pelauw, kabupaten Maluku Tengah. Kerusuhan ini mengakibatkan  korban berjatuhan dan hilangnya harta benda.
Menurut Koresponden Arrahmah.com di TKP, di desa Pelauw ada dua kubu yang sering disebut orang muka dan orang belakang. Adapun yang disebut orang muka, mereka masih percaya kepada kepemimpinan raja sekarang, yang bermarga Latuconsina. Kepemimpinan raja sekarang, yang menjabat seumur hidup. Mereka menghendaki raja harus dipilih. Sementara itu, dari marga Latuconsina, walaupun dia bukan keturunan raja, tapi itu tidak mungkin terjadi, karena raja sekarang adalah raja turun temurun.
Dari sinilah masalah kian panjang dan memanas, hingga akhirnya terjadi keributan diantara dua kubu tersebut, dan memakan korban jiwa dari kedua belah pihak. Kubu yang sering  disebut sebagai orang belakang, berpindah ke kampung tetangga yang bernama Rohmoni dan kampug Kabauw.

Sebenarnya, sebagaimana dilaporkan Koresponden Arrahmah.com dari TKP, setelah sekian lama sudah terjalin hubungan, masuk keluar kampung untuk mencari nafkah sebagai tukang ojek. Setelah sekian lama terjalin  hubungan yang cukup baik, meskipun tidak semuanya.
Namun, di hari Kamis kemarin (9/2), hubungan yang sudah terjalin tersebut terusik. Awal mulanya adalah adanya pipa air bersih yang diputus oleh orang belakang, dan kemudian hal tersebut ditegur oleh orang muka.

Tak lama berselang, orang belakang memegang kerah baju dari orang depan. Dari permasalahan ini akibatnya timbul masalah  yang sekarang ini terjadi, dan dikategorikan terbesar.
Mengapa terbesar, karena sebagaimana dituturkan oleh Koresponden Arrahmah.com di TKP, di saat berita ini diturunkan kerugian harta benda akibat dari kerusuhan tersebut mendekati angka miliar rupiah. Masya Allah!

Korban kembali berjatuhan, Ada Rekayasa?
Koresponden Arrahmah.com dari TKP melaporkan bahwa saat ini korban yang terkena bom, luka tembak, dan luka benda tajam berjumlah sepuluh orang lebih. Adapun yang meninggal  dunia akibat kerusuhan pada hari ini berjumlah 7 orang, dengan rincian 2 orang dari kubu orang muka dan 5 orang dari kubu orang belakang.

Berikut data-data korban yang meninggal; dari kubu orang muka bernama ;
(1). Abratif latupono, Umur 62 tahun.
(2). Sara alim shubauwa, Umur 58 tahun.

Sementara dari kubu orang belakang, hingga saat ini belum bisa didapatkan nama-namanya.
Koresponden Arrahmah.com menyatakan bahwa hingga saat ini masih ada kosentrasi massa dari dua kubu. Aparat keamanan dari Brimob dan Polsek  Pelaw  tidak bisa berbuat banyak.

Selain itu, Koresponden Arrahmah.com di TKP juga menyampaikan bahwa dua mayat yang masih berada di desa Pelauw bukan berasal dari desa Pelauw, melainkan berasal dari desa Kabauw dan desa Rohmani. Ini terlihat dari baju yang mereka pakai berwarna merah, sedangkan pakaian yang dipakai warga Pelaw berwarna putih. Berarti kerusuhan di desa Pelaw ada campur tangan dari desa lain.
 Apakah ada rekayasa terstruktur dan terencana dari pihak-pihak tertentu untuk kembali membuat Ambon Berdarah? Wallahu’alam bis showab!
Continue reading →

Israel mengadakan latihan perang kimia dalam persiapan untuk menyerang Gaza

0 komentar
Israel telah mengadakan latihan perang kimia di utara distrik Haifa, Palestina, untuk persiapan menyerang rakyat Palestina.

Latihan perang tersebut dilakukan pada hari Kamis (16/2/2012) di Hillel Jaffe Medical Center di kota Hadera.

Latihan itu diadakan diantara pukul 10:00 dan 14:00 waktu setempat, yang membuat akses ke rumah sakit itu ditutup dan masyarakat diminta untuk menjauh dari tempat itu selama latihan.

Pasukan zionis Israel menggunakan masker selama simulai serangan rudal kimia. Pasukan zionis Israel telah melakukan sejumlah latihan militer dalam persiapan untuk melakukan penyerangan besar-besaran kembali ke Jalur Gaza. 

Bulan lalu, kantor berita Israel melaporkan bahwa militer Israel telah memerintahkan pasukannya untuk mempersiapkan serangan skala besar di Jalur Gaza.
Continue reading →

Korsel Rakit Bom Penghancur Bunker Korut

0 komentar
Korea Selatan (Korsel) dikabarkan tengah merakit bom yang dapat menghancurkan bunker-bunker Korea Utara (Korut) yang terletak di gua atau wilayah pesisir pantai.

Anggota Parlemen Korsel Song Young-sun mengatakan, Korea Agency for Defense Development (ADD) menggarap proyek pertahanan sebesar triliunan dolar untuk membuat bom penghancur bunker. Proyek itu diprediksikan akan selesai pada 2013.

"Sepengetahuan saya, hulu ledak bom itu akan dilengkapi dengan sistem Global Positioning System (GPS) dan bom itu sanggup untuk menghancurkan target-target yang berada di bawah tanah atau gua," ujar Song, seperti dikutip Chosun, Jumat (16/12/2011).



Pejabat militer Korsel mengatakan, artileri dan amunisi milik Korut dilindungi oleh sebuah tembok bangunan sepanjang 50 hingga 60 centimeter. Bom yang saat ini dirakit Korsel dapat menghancurkan bangunan itu beserta isinya.

Korsel membangun bom ini karena Korut juga seringkali menempatkan meriam jarak jauhnya di sebuah gua, Korsel pun mengalami kesulitan untuk menyerang meriam itu dengan senjatanya. Korut juga kerap membangun bunker-bunkernya di bawah tanah agar tidak menarik perhatian musuh.

Ketegangan antara kedua negara Korea itu makin memanas, terutama pascaKorut mengancam akan merubah kantor Presiden Korsel menjadi lautan api.
Continue reading →

Ancaman Kapal Selam Korut Ditanggapi Latihan Militer Korsel

0 komentar
Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) berniat akan menggelar latihan militer pada pekan depan. Latihan ini dilakukan untuk mewaspadai ancaman kapal selam Korea Utara (Korut) di wilayah pantai barat.

"Pada Senin pekan depan, Angkatan Laut AS dan Korsel akan melakukan latihan militer selama lima hari, untuk menghadapi kapal selam Korut di Laut Kuning," ujar pejabat Korsel, seperti dikutip Kuna Kamis (16/2/2012).

Seoul dan Washington sebelumnya sudah menggagas latihan tempur ini pada Desember 2011 lalu. Latihan yang ditujukan untuk menghadapi ancaman kapal selam itu bahkan menjadi program latihan setiap tahun antara kedua mitra tersebut.



Latihan militer Korsel dan AS akan melibatkan kapal tempur Korut, Yulgogk Yi I yang dilengkapi dengan Aegis. Selain itu 20 kapal perang lainnya serta helikopter dan juga akan dikerahkan untuk latihan militer itu.

Pada 2015 mendatang, Angkatan Laut Korsel juga mempersiapkan satuan baru untuk divisi kapal selam. Hal itu bahkan disetujui oleh Pemerintah Korsel. pembentukan divisi kapal selam itu dilakukan karena Korut memiliki 70 unit kapal selam di perairannya.

Kedua negara di Semenanjung Korea itu memang selalu tampak berseteru meski Perang Korea sudah berakhir. Akhir dari Perang Korea juga tidak membuahkan hasil yang signifikan, kedua pihak juga menolak untuk membentuk sebuah perjanjian damai.
Continue reading →

Militer AS dan Korsel Gelar Latihan di Laut Kuning

0 komentar
Angkatan Laut Amerika Serikat dan Korea Selatan akan menggelar latihan bersama anti-kapal selam di Laut Kuning pekan depan untuk menjaga serangan potensial oleh Korea Utara, kata Kementerian Pertahanan di Seoul, Kamis.

Latihan itu akan berlangsung 20-24 Februari akan melibatkan sejumlah kapal selam dan kapal perang dari kedua negara, kata juru bicara kementerian itu kepada AFP tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Surat kabar JoongAng Ilbo mengatakan, latihan akan melibatkan sekitar 20 kapal termasuk dua kapal Aegis dari Amerika Serikat dan satu dari Korea Selatan, serta helikopter Lynx dan pesawat pengintai P3-C anti-kapal selam.



Mengutip seorang pejabat militer Seoul, latihan itu katanya akan menjadi latihan anti-kapal selam terbesar bersama dilakukan oleh sekutu. Kedua negara menggelar latihan anti-kapal selam bersama pada September 2010, sebulan setelah Seoul menuduh Pyongyang mentorpedo kapal perang yang menewaskan 46 pelautnya di Laut Kuning Maret 2010.

Korea Utara menyangkal pihaknya menenggelamkan kapal itu. Tetapi pada November tahun itu Pyongyang menembaki sebuah perbatasan pulau, menewaskan empat warga Korea Selatan.

Latihan bersama mendatang, mendahului dua latihan besar bersama lainnya, dan terjadi pada saat yang sensitif di Korea Utara yang mengalami transisi kekuasaan.
Pyongyang telah mengambil nada memusuhi Seoul sejak Kim Jong-Un, putra bungsu mendiang pemimpin Kim Jong-Il, mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya Desember lalu.

Latihan "Pemecahan Penting" antara Korea Selatan dan Amerika Serikat akan dimulai pada 27 Februari dan berlanjut sampai 9 Maret. Secara terpisah, gelar latihan bersama angkatan udara, darat dan laut yang dikenal sebagai "Foal Eagle" akan dilakukan pada 1 sampai dengan 30 April. Korea Utara mengecam latihan-latihan itu sebagai gila perang.
Continue reading →

Ahmadinejad Puji Capaian Baru Nuklir Iran

0 komentar
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebutkan negaranya mampu mengembangkan teknologi nuklir. Ahmadinejad mengatakan bahwa Iran saat ini mampu memproduksi nuklir buatan dalam negeri untuk pertama kali.

Dirinya pun mengklaim Iran akan mampu lebih cepat melakukan pengayaan terhadap nuklirnya. Tentunya perkembangan terbaru Negeri Paramullah ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Iran. 

Meski mampu mengembangkan teknologi nuklirnya sendiri, bisa jadi membuat negara Barat makin mencurigai kemampuan Iran untuk membuat senjata nuklir.
Namun Amerika Serikat (AS) menilai capaian Iran ini tidak terlalu impresif. Pihak Kementerian Luar Negeri AS menilai Ahmadinejad terlalu membesar-besarkan capaian teknologinya.

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mendesak Iran untuk melanjutkan pembicaraan dengan Badan Pengawas Atom Perserikatan Bangsa-Bangsa (IAEA). 

"Kami yakin tindakan yang dapat merusak kerja sama antara IAEA dan Iran harus segera dihindari," ucap Lavrov seperti dikutip Euronews, Kamis (16/2/2012).

Selama ini dunia Barat memang mencurigai kemampuan nuklir Iran. Namun Pemerintah Presiden Ahmadinejad berkali-kali menegaskan bahwa nuklir mereka digunakan untuk kepentingan damai.

Negeri Persia itu bersikeras bahwa nuklir mereka diberdayakan untuk kepentingan kesehatan, memasok listrik bagi rakyat dan bukan untuk membangun senjata nuklir.
Continue reading →

Iran Buntuti Kapal Induk AS

0 komentar
Kapal patroli berikut pesawat pengebom dan helikopter patroli milik Iran dilaporkan membuntuti Kapal Induk Amerika Serikat (AS) USS Abraham Lincoln ketika melintasi Selat Hormuz pada Selasa (14/2/2012) kemarin.

Sementara itu Komandan kapal induk USS Abraham Lincoln Laksamana Troy Shoemaker menanggapi tindakan Iran itu sebagai sesuatu yang wajar.

"Kami juga akan melakukan hal yang sama jika ini terjadi di lepas pantai AS. Ini adalah hal yang wajar. Kami beroperasi di halaman belakang wilayah mereka," ujar Laksamana Shoemaker seperti dikutip Rt.com Rabu, (15/2/2012).



Kapal Induk USS Abraham Lincoln yang dikawal dengan sejumlah helikopter serta Kapal Jelajah USS Cape St George dan Kapal Destroyer USS Sterett dilaporkan berhasil melewati Selat Hormuz tanpa menimbulkan insiden meski sempat dibuntuti oleh pasukan Iran.

Ini adalah kedua kalinya kapal induk USS Abraham Lincoln yang membawa puluhan pesawat penyerang F/A-18 serta pesawat lainnya memasuki kawasan Selat Hormuz, setelah sebelumnya pada Januari 2012 lalu kapal induk ini juga sempat melintasi Selat Hormuz tanpa insiden.

Negeri Paramullah itu sebelumnya telah memperingatkan AS agar tidak mengarahkan kapal induknya untuk melintasi kawasan Teluk, namun AS berdalih keberadaan kapalnya di kawasan itu untuk membantu misi NATO di Afghanistan.

Iran sendiri telah mengecam penumpukan kekuatan militer yang terjadi di kawasan Teluk Persia. Hal ini menyusul kehadiran beberapa armada perang milik AS dan sekutunya di kawasan tersebut.

"Kehadiran militer AS dan sekutunya di kawasan Teluk Persia telah membuat kawasan itu menjadi gudang senjata," ujar Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi Selasa kemarin.

Menhan Iran Ahmad Vahidi juga menegaskan, meningkatnya kekuatan militer di kawasan Teluk tidak akan membuat negaranya menyerah begitu saja atas setiap upaya yang ditujukan untuk melemahkan peran regional Iran.

Sebelumnya dilaporkan, dua kapal induk AS USS Abraham Lincoln dan USS Carl Vinson telah lebih dulu berada di kawasan Teluk Persia sementara kapal induk lainnya USS Enterprise dikabarkan akan segera menyusul Maret mendatang.

Kapal selam nuklir AS USS Annapolis dan kapal distroyer USS Momsen juga dilaporkan telah melewati Terusan Suez menuju Laut Merah, namun kedua armada militer AS ini tidak diketahui pasti tujuannya.

Selain AS, Prancis juga dilaporkan telah mengirimkan kapal induknya Charles de Gaulle menuju kawasan Teluk, demikian juga halnya dengan Inggris yang telah mengirimkan kapal perangnya untuk bergabung dengan AL AS di kawasan Teluk Persia.
Continue reading →

Iran: Militer Asing Ganggu Keamanan Teluk Persia

0 komentar
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast menilai, kehadiran kekuatan militer asing di Teluk Persia menciptakan gangguan terhadap keamanan.

"Satu-satunya strategi untuk menghilangkan ancaman di Teluk Persia adalah meminta para pasukan asing itu kembali ke wilayahnya. Pembangunan keamanan regional akan lebih baik bila dibentuk oleh negara-negara yang ada di kawasan yang sama," ujar Mehmanparast, seperti dikutip Press TV, Kamis (16/2/2012).

Menurut Mehmanparast, mengurus keamanan di Teluk Persia merupakan prioritas Iran, dan saat ini Negeri Persia itu bahkan siap untuk menangkal segala ancaman yang muncul di wilayah tersebut.


Pada Minggu lalu, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jendral Ahmad Vahidi menegaskan bahwa Iran mengawasi penuh perairan Teluk Persia, setiap saat.

"Seluruh pasukan asing yang beroperasi di Teluk Persia berada dalam pengawasan dari Republik Islam Iran," ujar Vahidi.

Pada Rabu kemarin, kapal patroli dan pesawat tempur Iran dilaporkan membuntuti kapal induk milik Amerika Serikat (AS) USS Abraham Lincoln yang tengah melintas di Selat Hormuz. Meski demikian, pihak militer AS menganggap tindakan Iran adalah suatu hal yang wajar karena Selat Hormuz masih berada di wilayah Iran.

Iran sebelumnya juga sudah memperingatkan Negeri Paman Sam agar tidak mengerahkan kapal induknya ke Teluk Persia, meski demikian AS tetap melintas di perairan itu.
Continue reading →

Kodim 0612/Tasikmalaya Dan Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya Selenggarakan Bakti Sosial

0 komentar

 
          Kodim 0612/ Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Bakti Sosial yang bekerja sama dengan Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya berupa penyerahan bantuan bibit jabon, Donor darah, pembagian sembako dan hiburan kesenian Barongsai, Selasa (14/2) bertempat di Lapangan apel Makodim 0612/Tasikmalaya Jl. Otto Iskandardinata No 11 Kota Tasikmalaya. 

       Kegiatan ini juga dihadiri oleh Walikota Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya, Danbrigif 13/ 1 Kostrad, Danlanud Wiriadinata, Kapolres Kota Tasikmalaya,          Kapolres Kab. Tasikmalaya beserta Unsur Muspida Kota dan kabupaten Tasikmalaya lainnnya.  

        Dalam Sambutannya Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Muhamad Muchidin menyampaikan "dengan diselenggarakannya Baksos ini agar warga masyarakat lebih mengenal Kodim 0612/Tasikmalaya sebagai satuan kewilayahan yang peduli dengan masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan" .

         Pada kesempatan itu juga Ketua pengurus Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya Chandra Cahyadi  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0612/ Tasikmalaya atas terselenggaranya kegiatan Bakti  Sosial ini, dimana bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan dan ini merupakan wujud nyata dari kemanunggalan TNI dan Rakyat.(dim 0612/Tsm/Pendam III/Slw).
Continue reading →

Kodim 1013/Mtw Laksanakan Karya Bhakti Buka Badan Jalan Desa

0 komentar
Koramil 1013-03/Teweh Tengah yang merupakan wilayah Kodim 1013/Mtw jajaran Korem 102/Pjg melaksanakan kegiatan karya bhakti membuka badan jalan penghubung Desa Bintang Ningi II menuju Pelabuhan. Kegiatan gotong rayong yang melibatkan 64 warga masyarakat, 13 orang TNI dan 4 orang dari Kepolisian, dilaksanakan pada 14 Pebruari 2012,
 
Kegiatan karya bhakti yang di motori oleh Babinsa Desa Bintang Ningi II Serda Mukriansyah bersama Babinkamtibmas Brigadir Pol Sabransyah dan Kepala Desa Bintang Ningi II Ardiyanto bersama warganya dengan antusias dan semangat tinggi bergotong rayong membuka akses jalan Desa untuk menghubungkan jalur darat antara Desa Ningi II menuju Dermaga pelabuhan sungai Barito sepanjang 1,3 Km. Tujuan dilaksankan karya bhakti adalah memberikan kesejahteraan dan memudahkan transportasi masyarakat dalam beraktifitas baik berkebun, bercocok tanam maupun membawa hasil-hasil ladang yang diperoleh, sehingga tingkat kehidupan masyarakatnya akan lebih baik dan sejahtera.
 
 Sebagaimana perintah Dandim 1013/Mtw Letkol Kav Purwito Hadi Wardhono kepada seluruh Babinsa "agar selalu peka dan peduli dengan kesulitan masyarakat di wilayah binaannya, bantulah semaksimal mungkin dan manfaatkan potensi wilayah untuk memberi solusi dan mengurai kesulitan masyarakat tersebut". Kegiatan tersebut dilaksanakan secara gotong royong masyarakat meterlibatkan 64 orang warga setempat, Polri 4 orang dan TNI 13 orang. kegiatan berjalan dengan lancar dan aman.
Continue reading →

UPACARA PENUTUPAN LOMBA DRUM BAND TINGKAT TK, SD, SMP DAN SMA SESUMBAGSEL DALAM RANGKA HUT KE-66 KODAM II/SWJ

0 komentar
Lomba Drum Band dalam rangka peringatan HUT ke-66 Kodam II/Swj tahun 2012 telah dilaksanakan sejak hari Rabu 8 Februari 2012 dan ditutup pada tanggal 9 Februari 2012 ini, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan rencana. Drum band adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah yang sangat berperan penting dalam membentuk karakter kaum muda khususnya kaum pelajar. Melalui kegiatan drum band, akan tumbuh semangat kebersamaan, kedisiplinan dan aktivitas positif yang bisa menangkal segala pengaruh negatif dari arus globalisasi. Hal ini sesuai dengan tema “Jadilah Generasi Muda yang Berprestasi, Berjiwa Seni dan Sportivitas yang Tinggi”. Keberhasilan penyelenggaraan lomba drum band ini tentunya akan memberikan kontribusi  yang sangat berarti bagi  upaya   pembinaan pendidikan dan pembinaan generasi muda.  Selama kegiatan ini berlangsung,  maka kita dapat melihat secara langsung serta mengukur bagaimana tingkat keberhasilan latihan dan pembinaan yang telah dilakukan selama ini.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj mengatakan, sebagaimana layaknya dalam suatu perlombaan, maka selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Untuk itu, kepada sekolah yang keluar sebagai pemenang dan meraih prestasi terbaik,  Pangdam juga mengucapkan   selamat.   Pelihara  dan pertahankan prestasi yang telah diraih dengan terus  berlatih, berlatih dan berlatih, sehingga pada event selanjutnya prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih baik lagi. Sementara itu, kepada peserta lomba yang belum berhasil meraih prestasi dan kemenangan, jangan pernah patah semangat dan berkecil hati. Jadikan kegagalan ini sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki diri, mampu memompakan semangat  untuk lebih serius dan kerja keras dalam berlatih guna  meraih prestasi terbaik di masa-masa yang akan datang. Dalam perlombaan tersebut, Keluar sebagai Pemenang pada tingkat Taman kanak-kanak (TK) direbut oleh TK Nusa Indah, pada Tingakat SD dimenangkan oleh SDN 153 Palembang dan pada tingkat SMP dimenangkan oleh SMPN 1 Kayu Agung serta pada tingat SMA dimenangkan oleh SMA Aisyah Palembang. Untuk Kartegori Mayoret terbaik pada tingakat TK diraih TK Nusa Indah Palembang, tingkat SD yaitu SDN 117 Palembang dan tingkat SMP diraih oleh MTS Nurul Yakin serta pada tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Bengkulu. Field Commander terbaik diraih pada tingat  diraih TK Nusa Indah, pada tingkat SD diraih oleh SDN 153 Palembang, pada tingkat SMP diraih oleh SMP Nurul Yakin serta pada tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Kayu Agung. 

Demikian Pangdam II/Swj Mayjen TNI S.Widjonarko S.Sos., M.M., M.Sc, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Mohammad Nasir selaku Irup pada Upacara penutupan Lomba Drum Band dan Marching Band Tingkat Tk, SD, SMP dan SMA se Sumbagsel, Kamis, 9 Februari 2012 di lapangan Apel Makodam II/Swj. 

Hadir pada acara  terserbut Para Pejabat Teras Kodam II/Swj, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Prov Sumsel, Kadispora Prov Sumsel dan Kadis Pariwisata Prov Sumsel, Kepala Diknas Kota Palembang, Kepala BKKBN Prov Sumsel, Ketua PMI Prov.Sumsel, Direktur Akbid Nusantara Kota Palembang, Direktur PT. Excelcomindo Palembang, Direktur PT.Honda Palembang seerta para Peserta   lomba  Drum  Band lainnya
Continue reading →

KUNCI SUKSES PANGDAM II/SWJ

0 komentar

Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI S.Widjonarko.,S.Sos.,M.M.,M.Sc memberikan tips dan arahan kunci sukses yang dijalani beliau selama ini, mulai dari menjabat Danton sampai dengan menjabat Pangdam II/Swj. Hal tersebut disampaikannya dalam acara pamitan Pangdam II/Swj kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj se Garnizun Palembang dalam rangka berakhirnya masa jabatan Pangdam II/Swj di Kodam II/Swj. Senin,13 Februari 2012 di Hall Gedung Olah Raga Sport Hall Kampus Palembang, yang dihadiri oleh seluruh jajaran Prajurit dan PNS Kodam II/Swj serta Ibu-ibu Persit KCK PD II/Swj.  

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj memberikan pengarahan berupa Tip kunci sukses yang harus dilaksanakan para Prajurit dan PNS Kodam II/Swj. Yang pertama Ikhlas dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab kita masing-masing, kedua harus mempunyai iman yang kuat dengan melaksanakan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, bagi yang beragama Islam harus melaksanakan Sholat 5 waktu, baca Alqur’an, baca surah Yasin dan Asmaul Husna serta menjauhi semua larangan Allah. Ketiga bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan dan bekerja secara maksimal, ke empat menyiapkan SDM dengan baik harus terus belajar dan berlatih secara terus menerus serta menyiapkan SDM untuk anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa dengan baik, keenam selalu berkoordinasi dan berintegrasi sehingga segala tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan sempurna serta jangan mudah untuk diadu domba, tegas Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan untuk memohon Ridho Allah SWT. Selalu optimis dan tidak sombong dalam melaksanakan setiap kegiatan serta selalu mempunyai rencana kedua dalam menjalani suatu kehidupan yang kian kompleks ini, Sambungnya. 

           Ada beberapa kesan yang dirasakan oleh para Prajurit dan PNS Kodam II/Swj selama lebih kurang 9 bulan kepemimpinan Mayjen S.Widjanarko S.Sos., M.M.,M.Sc di Kodam II/Swj diantaranya, kesan dari Lettu Inf Ahmad Arif Pasi Pers Raider/200, yang intinya Pangdam selalu dekat dengan anggota, lain lagi dengan Serka M.Rozali dari Kodim 0418/Palembang mengatakan bahwa pangdam selalu berada ditengah-tengah anak buahnya dan dianggap sebagai  orang tua sendiri, kesan lain datang dari Kopka Bastari yang menceritakan dari letnan Dua sampai Jenderal beliau tidak berobah selalu menciptakan kebersamaan dengan anggotanya dan selalu bergerak cepat dalam segala sesuatu, baik pembangunan maupun perhatiannya kesegala aspek, sehingga membuat Kodam II/Swj lebih menarik dan berwibawa , sambung PNS Heryanto dari staf personil Kodam II/Swj.    

Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Swj memberikan beasiswa kepada 3 orang mahasiswa Akper Kesdam II/Swj berupa uang pendidikan sebesar  50 juta rupiah secara simbolis, kepada Karumkit Kodam II/Swj Kolonel Ckm N.Husni Lubis  selanjutnya diserahkan kepada Direktur Akper Kesdam II/Swj.

Hadir pada acara tersebut, Irdam II/Swj, Danrem Gapo, Para Asisiten Kasdam II/Swj, LO AL, LO AU, para Kabalakdam II/Swj, Prajurit dan PNS Kodam II/Swj serta Ibu-ibu Persit KCK PD II/Swj se Garnizun Palembang.
Continue reading →

UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR DAN REM 042/GAPU MENJADI IRUP UPACARA BENDERA

0 komentar
Komandam Korem 042/Gapu menjadi Irup pada upacara bendera pada hari senin 13 Februari 2012 di SMA I Jambi. Dalam  amantanya Komandan Korem menyampaikan Upacara  menyampaikan bahwaupacara bendera yang kita selenggarakan ini merupakan wujud penghargaan kita terhadap para pahlawan bangsa yang telah berkorban jiwa dan raganya dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di samping itu  juga merupakan wujud penghormatan kita kepada bendera Merah Putih yang menjadi salah satu simbol negara yang sangat kita cintai dan kita banggakan ini.

 Komandan Korem 042/Gapu juga menyampaikan bahwa dengan masuknya berbagai bentuk budaya barat melalui media massa dan elektronik, seperti televisi maupun internet, membuat kita dapat dengan mudah mengakses semua informasi  yang terjadi di seluruh belahan bumi ini. Dengan demikian, apabila kita tidak mampu menyaring dan menangkal dampak negatif dari     perkembangan     ini, maka akan sangat berbahaya bagi perkembangan bangsa kita, khususnya sebagai generasi muda. Untuk itu saya himbau, bentengi diri kalian dari dampak negatif perkembangan zaman dengan cara memupuk dan menumbuhkembangkan rasa disiplin, kejujuran serta tanggung jawab dengan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kalian akan menjadi anak-anak yang berakhlak mulia dan dapat menjadi pemimpin bangsa yang amanah. Masa-masa SMA adalah masa-masa yang indah untuk kalian kenang manakala   kalian    sudah   dewasa. Dimana masa-masa indah ini hendaknya kalian isi dan ukir dengan hal-hal yang bermakna dan menorehkan prestasi, sehingga nantinya kalian dapat mengingat, mengenang dan bercerita dengan rasa bangga dan bahagia kepada generasi selanjutnya.  Jauhilah berbagai kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri, seperti   kebut-kebutan   di jalan raya tanpa mengindahkan peraturan lalu lintas, perkelahian antar pelajar,   minum-minuman keras, apalagi sampai terlibat Narkotika. Jangan pernah kalian mengenal bahkan menyentuh Narkotika, karena    Narkotika   dapat   merugikan   dan  menghancurkan masa depan kalian, nama baik keluarga bahkan nama baik sekolah.

Isilah hidup dengan segala hal yang bermanfaat dan raihlah prestasi setinggi-tingginya. Jadikan diri kalian menjadi orang yang   dapat   dibanggakan   oleh    keluarga, teman, guru-gurumu serta senantiasa membawa nama baik sekolahmu.

Hadir ldalam upacara tersebut Kasiter Korem 042/Gapu, Kasipers Korem 042/Gapu Kepala Dinas Kota Jambi, Kepala Sekolah beserta guru dan pembina SMA I, Setelah kegiatan upacara Komandan Korem 042/Gapu berdialuh kepada seluruh guru dan pembina SMA I Jambi dan Kepala Dinas Kota jambi.
Continue reading →

JALANI TUGAS DENGAN IKHLAS, JUJUR DAN DEDIKASI YANG TINGGI

0 komentar
Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, hendaknya dilandasi dengan keikhlasan, kejujuran dan dedikasi yang tinggi, karena apa yang dilakukan selama melaksanakan jabatan, kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh sang pencipta Tuhan pemberi amanah,  demikian amanat Pangdam II/Swj Mayjen TNI S.Widjonarko S.Sos., M.M.,M.Sc, yang dibacakan oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI M.Nasir dalam acara serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Asrendam II/Swj dari Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.IP. kepada Kolonel Inf Widhayat dan Asintel Kasdam II/Swj Kolonel Inf Jeffry Apoly Rahawarin digantikan Kolonel Inf Hendri Yufrizal serta Kapuskodal Ops dari Letkol Inf Siswo Wiyono kepada Letkol Inf Afsal G.A, Kamis 16 Februari 2012 bertempat di Gedung Jenderal Sudirman Kodam II/Swj
Alih tugas dan jabatan yang baru dalam konteks pembinaan personel sejatinya ditujukan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi Perwira. Sehingga diharapkan para Perwira mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional dan proporsional. Sedangkan dalam konteks pembinaan organisasi, serah terima jabatan diarahkan untuk meningkatkan kinerja organisasi, sehingga kualitas hasil karya organisasi atau satuan akan terus  meningkat  dari  hari  ke  hari. Sebagai pejabat fungsional pembantu Pangdam II/Swj, Asisten Perencanaan dituntut untuk mampu berperan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Staf umum dalam merencanakan kebutuhan pembangunan kekuatan Kodam II/Swj. Di samping itu, Asisten Perencanaan harus senantiasa selalu memberikan sumbang saran dan masukan kepada Pangdam II/Swj. Dihadapkan dengan terbatasnya alokasi anggaran yang diterima Kodam II/Swj, kiranya  jangan dijadikan hambatan, tetapi jadikan sebagai tantangan dalam membangun Kodam II/Swj yang lebih profesional. Oleh karenanya, dalam rangka menjamin tercapainya tujuan tersebut, Staf Perencanaan harus mampu memilah dan memilih serta membuat skala prioritas dalam membangun  Kodam  II/Swj, sambung Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, tugas pokok Staf Intelijen adalah membantu pimpinan dalam menyelenggarakan fungsi Staf Umum di bidang Intelijen, yang meliputi pembinaan fungsi pengamanan, penyelidikan dan penggalangan dengan melaksanakan perencanaan, pengumpulan dan pengolahan  informasi  guna  penyajian data Intelijen. Untuk terlaksananya tugas itu dengan  baik dan optimal, maka setiap aparat Intelijen  harus mampu melakukan penginderaan dini dan deteksi dini untuk melakukan   pencegahan  secara dini. Kemampuan  tersebut harus  diarahkan pada upaya intelijen strategis terbatas dan kemampuan intelijen taktis matra darat serta kemampuan lawan intelijen. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka kepada  pejabat Asintel Kasdam II/Swj yang baru agar segera berorientasi untuk meningkatkan lagi kemampuan aparat Intelijen Kodam II/Swj, guna menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin  kompleks. Tingkatkan kualitas profesionalisme Satuan Intelijen jajaran Kodam II/Swj dan sehingga mampu menganalisa serta menyajikan data intelijen secara cepat,  tepat  dan  akurat  bagi kepentingan komando dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan. Pada kesempatan tersebut, Ketua Persit KCK PD II/Swj Ny. HJ. Lilis Elya Widjonarko memimpin serah terima jabatan Ketua Persit KCK Cabang VI Srendam dari Ny.Fajar Setyawan, S.IP. kepada Ny. Widhayat dan Ketua Persit Cabang I Sinteldam II/Swj Ny. Jeffry Apoly Rahawarin digantikan oleh Ny. Hendri Yufrizal.

Hadir dalam acara tersebut, Irdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Pejabat Teras Kodam, para Dan/Kabalakdam II/Swj beserta Ibu-ibu para pengurus dan anggota Persit KCK PD II/Sriwijaya.
Continue reading →

Bantuan Militer AS untuk Keamanan Maritim Indonesia

0 komentar
Dari tahun anggaran 2006 hingga 2008, pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memberikan bantuan dana sebesar 57 juta dolar AS atau sekitar Rp 510 miliar lebih melalui the National Defense Authorization Act Section 1206. Bantuan itu untuk mendukung Indonesia dalam membuat sebuah sistem pengawasan maritim terpadu atau IMSS.

Sistem pengawasan tersebut ditempatkan di beberapa lokasi strategis, seperti Selat Malaka, Laut Sulawesi, dan Selat Maluku.

Pengoperasian IMSS secara penuh akan meningkatkan kemampuan Indonesia untuk mendeteksi, melacak, serta memantau kapal-kapal yang melewati perairan Indonesia dan internasional.



"Kemampuan seperti ini sangat penting untuk memerangi pembajakan, penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan, dan terorisme baik di dalam perairan wilayah Indonesia maupun di perbatasan," kata laman Kedutaan Besar AS untuk Indonesia seperti dikutip Republika, Rabu (1/2).

IMSS  juga membantu untuk mencapai tujuan AS dan Indonesia di bidang maritim, seperti yang telah dicanangkan dalam  Kemitraan Komprehensif, serta menjadikannya sebuah contoh untuk kerjasama multilateral dengan Malaysia dan Filipina.

IMSS adalah jaringan terintegrasi antara kapal dengan pantai berbasiskan sensor, perangkat komunikasi, dan komputasi dengan  mengumpulkan, mengirimkan, menganalisis dan menampilkan larik yang luas mengenai data kelautan. Dalam sistem ini, juga termasuk sistem identifikasi otomatis (AIS), radar permukaan, kamera pengintai, sistem pemosisi global (GPS), monitor peralatan, dan transmisi radio lalu lintas maritim di daerah operasional yang luas.

“Kemampuan melakukan sensor berulang-ulang dan banyakanya jalur komunikasi yang tersedia membuat IMSS menjadi sebuah sistem yang kuat dan handal.”

IMSS secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Indonesia setelah dilakukan uji coba  di Surabaya tanggal 25 Oktober 2011. IMSS dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia, yang terdiri dari 18 Stasiun Pengawasan Pesisir (CSS), 11 Kapal berbasis radar, dua Pusat Komando Daerah, dan dua Pusat Komando Armada (Jakarta dan Surabaya).

Pemerintah AS tetap berkomitmen untuk meningkatkan kewaspadaan di wilayah perairan ini, dan telah mengalokasikan dana tambahan sebesar 4,6 juta dolar AS untuk pemeliharaan hingga 2014.
Continue reading →

TNI Latihan "Cobra Gold" Bersama 6 Negara

0 komentar
Tentara Nasional Indonesia mengikuti latihan bersama dengan enam negara di Thailand dengan sandi "Cobra Gold" 2012, mulai 12 Januari hingga 19 Februari 2012, guna meningkatkan kemitraan dan profesionalisme prajurit.

Juru bicara TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul mengatakan, dalam latihan bersama tahunan yang digagas Komando Armada AS Asia Pasifik (US Pasific Command/ USPACOM) 2012, TNI mengirimkan 75 personelnya.

"TNI mengikuti dua materi latihan yakni bantuan kesehatan militer dan kemampuan kompi zeni. Fokus dari latihan bersama kali ini adalah meningkatkan kemitraan dan sinergitas antarsatuan dan antarmiliter tujuh negara yang tergabung dalam latihan itu," ungkap Laksamana Muda Iskandar Sitompul, Senin (6/2).
Latihan bersama "Cobra Cold" ke-31 diikuti sekitar 10.000 ribu personel militer dari AS, Jepang, Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan Thailand. Latihan dilakukan dalam dua tahapan yakni geladi posko dan geladi lapang.

Menurut data Departemen Pertahanan AS, latihan bersama kali ini juga memasukan materi simulasi komando yang menggunakan komputer, selama latihan dan sesudah latihan. Latihan juga difokuskan pula pada simulasi peningkatan operasi perdamaian PBB, dan bantuan kemanusiaan.

Dalam materi latihan bantuan kesehatan dan kemanusiaan Indonesia akan bergabung dengan militer Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Jepang.

Secara umum, latihan bersama "Cobra Gold" bertujuan meningkatkan kerja sama keamanan sebagai poin utama dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian kawasan Asia Pasifik.
Continue reading →

Pembelian Tank Leopard Ditarget Sebelum 2014

0 komentar
Meski dikritik sejumlah kalangan, rencana pembelian 100 Tank Laeopard Belanda tetap dilanjutkan. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo bahkan berharap pembelian 100 unit Tank Leopard tersebut dapat selesai sebelum 2014.

"Sampai sekarang masih tahap penjajakan dan belum berhenti. Tim yang kami bentuk masih membahasnya dan diharapkan sebelum 2014 sudah selesai," ujar Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo kepada wartawan di Surabaya, Rabu (15/2).

Ia mengaku, tim yang dipimpin Wakil KSAD Letjen TNI Budiman dalam rangka melihat dan mengadakan perkembangan negosiasi lanjutan. Hingga kini belum ada perubahan berarti dan masih menjadi tarik ulur di parlemen Belanda.

"Sekali lagi saya tegaskan, kalau Belanda menjual kami beli, tapi kalau tidak kami pergi. Tunggu saja perkembangan berikutnya," kata mantan Pangkostrad tersebut. Pihaknya juga mengatakan saat ini Jerman juga sedang menjajaki dan menawari Indonesia. Menurut Pramono, tank buatan Jerman menjadi alternatif jika target awal tidak kesampaian. 

"Memang ada tawaran dari Jerman. Hanya saja kami belum bersikap, tapi itu bisa dijadikan alternatif. Yang pasti sebelum 2014 sudah harus selesai," tutur mantan Danjen Kopassus tersebut. Jika pembelian Tank Leopard yang alokasi anggarannya mencapai 280 Juta US Dollar berjalan mulus, diharapkan bisa menjadi prestasi serta menaikkan wibawa bangsa.

Sementara itu, alokasi anggaran dari pemerintah Indonesia untuk modernisasi peralatan TNI AD sebesar Rp14 triliun. Dana tersebut digunakan untuk sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) lainnya.

"Diantaranya pengadaan tambahan helikopter, PT Pindad yang menyiapkan anoa atau panser, serta alutsista lainnya. Bahkan Leopard ini hanya bagian kecil saja kok," tukas jenderal yang juga pernah menjabat Pangdam Siliwangi tersebut. 

Khusus tahun ini, direncanakan pembelian meriam, rudal anti pesawat, peluncur roket multiras dan lainnya. Apalagi sekarang Indonesia masih tertinggal jauh daripada negeri lain seperti Malaysia maupun Thailand.
Continue reading →

Ulang Tahun, Pasukan Anti Teror TNI Beraksi

0 komentar
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Tentara Nasional Indonesia membantu Polri untuk menanggulangi aksi-aksi terorisme di Indonesia. Menurut dia, TNI telah diberi kewenangan untuk ikut memberantas terorisme itu.

"TNI harus bisa bersinergi dengan Polri. TNI punya kewenangan yang diberikan undang-undang untuk membantu polisi memerangi teroris," kata SBY saat berpidato dalam peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-66 di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 5 Oktober 2011. "Pastikan aksi teroris tidak terulang lagi, pastikan deteksi dini oleh petugas."



Menurut SBY, anggaran untuk TNI dalam APBN telah dinaikkan dari Rp47,5 triliun menjadi Rp64 triliun. Kenaikan anggaran itu difokuskan untuk melakukan modernisasi Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dan kesejahteraan prajurit. Dalam peringatan HUT TNI ini, juga dipamerkan berbagai peralatan yang dimiliki oleh TNI. Mulai dari rudal, radar, hingga helikopter.

Sementara itu, upacara peringatan HUT TNI ke-66 yang juga digelar di Surabaya, dipusatkan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Jalan Hayam Wuruk Surabaya, dihadiri Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Sejumlah pejabat Provinsi jatim turut hadir dalam upacara ini. Antara lain Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan jajaran Muspida termasuk petinggi TNI, para undangan dari Korps Veteran TNI, serta undangan lainnya.

Dalam upacara peringatan ini, digelar atraksi simulasi penanggulangan tindak terorisme. Sejumlah personil TNI melakukan simulasi pelumpuhan teroris. Uniknya, pasukan TNI ini dipimpin oleh Komando Wanita Angkatan Darat (Kowad). Dalam waktu singkat, pasukan TNI yang bersenjata lengkap itu berhasil melumpuhkan terooris dalam simulasi itu.

Atraksi berikutnya adalah parade sejumlah kendaraan dan alat tempur, termasuk yang biasa digunakan pasukan elit Batalyon 500/Raider dari Kodam V Brawijaya. Peralatan yang dipamerkan itu antara lain 4 unit kendaraan tempur jenis tank Scorpion, 10 unit meriam kaliber 57 mm milik Batalyon Arhanud, 8 unit lainnya kendaraan lapis baja milik Batalyon Kavaleri Serbu.

Selain itu ada juga tank jenis AMX 10 milik Korps Marinir, meriam Howitzer kaliber 122 mm, dan 3 unit helikopter milik Puspenerbal. Rangkaian acara ditutup dengan atraksi bela diri Yong Mo Doo yang melibatkan 400 orang prajurit gabungan.
Continue reading →

Para Petembak ASEAN Adu Jago di Makostrad

0 komentar
Sebanyak 477 penembak Angkatan Darat dari 10 negara ASEAN beradu kerangkasan di ajang Lomba Tembak Angkatan Darat ASEAN ke 21 (ASEAN Armies Rifle Meet/AARM). Lomba menembak ini berlangsung di Markas Kostrad TNI AD 14-27 Oktober 2011.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Budiman yang ikut membuka acara ini mengatakan, kegiatan lomba menembak ini akan memperebutkan 17 trophy dan 389 emas.

Budiman menambahkan, kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan dan interaksi antar Angkatan Darat di negara-negara kawasan Asia Tenggara sekaligus mengukur sejauh mana kemampuan penembak-penembak Angkatan Darat ASEAN.


"Sebagai prajurit yang berada di kawasan yang sama Asia Tenggara, keberadaan secara bersama-sama di tempat ini menunjukkan berapa kuatnya ikatan persahabatan dan persaudaraan diantara prajurit," kata Budiman di Markas Kostrad, Cilodong, Jawa Barat, Jum'at, 14 Oktober 2011.

ASEAN Armies Rifle Meet di Cilodong ini akan mempertandingkan enam cabang. Masing-masing cabang pistol putra dan putri, senapan, senjata otomatis, karaben dan novelty shoot. Untuk setiap perlombaan a diadu kecepatan, ketepatan dan gabungan kemampuan profesional menembak.

Khusus cabang novelty shoot hanya dilombakan untuk para pimpinan Angkatan Darat negara-negara ASEAN. Sebelumnya pada tahun 2010 AARM dilaksanakan di Malaysia. Saat itu, TNI Angkatan Darat menjadi juara umum.

Dalam event kali ini TNI AD yang dipimpin Komandan Kontingen Letkol Inf Djon Afriandi menyertakan 42 orang  penembak, 6 orang diantaranya adalah penembak wanita.
Continue reading →

Pasukan Garuda Terima Induction Training

0 komentar
Sebelum memulai misi di Haiti, seluruh prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXXII-A/Minustah, menerima pembekalan atau induction training dari Tim Minustah, pada tanggal 18 Oktober 2011.

Training ini harus wajib diikuti oleh seluruh personel Satgas Minustah Kizi Konga XXXII-A/Minustah, karena berkaitan dengan “do and don’t” dari segala aturan-aturan yang berlaku di Minustah Haiti.

Induction training yang dilakukan menjelaskan tentang tata cara kerja staf-staf UN Minustah, seperti U1 staf administrasi dan personel, U2 staf inteligen, U3 staf operasi, U4 staf logistik, U5 planning, U6 communication, U7 maritim operation, U8 engineering section, U9 CMCoord atau civil military coordination serta MPIO military public information office.


Selain itu, dijelaskan juga tentang HAM, medical section, hukum perlindungan anak-anak, masalah gender, bahaya HIV/AIDS serta informasi tentang budaya dan tradisi masyarakat Haiti.

Induction training ini benar-benar harus dipahami dan dilaksanakan oleh anggota satgas tanpa kecuali. Pelanggaran terhadap aturan-aturan tersebut bisa mengakibatkan anggota yang bersangkutan dipulangkan atau repatriasi ke negara asalnya.

Setelah pelaksanaan induction training ini peserta mendapatkan sertifikat yang menandakan sudah secara sah mengetahui semua aturan yang berlaku dan akan diberlakukan sanksi kepada para peserta yang melakukan pelanggaran di kemudian hari.
Continue reading →

AS Bangun Radar di Perairan Indonesia Timur

0 komentar
Berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Pemerintah Amerika Serikat (AS) diwakili Dubes AS untuk Indonesia menyerahkan bantuan Integrated Maritim Surveillance System (IMSS) untuk Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI Selasa, 25 Oktober 2011.

"Bantuan diterima pejabat Kemenhan dari Mabes TNI Pangarmatim, Laksda TNI Ade Supandi yang disaksikan sejumlah pejabat dari Dubes AS untuk RI," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmatim Surabaya, Letkol Laut Yayan Sugiana, Selasa 25 Oktober 2011.

Yayan menjelaskan, IMSS adalah suatu sistem yang terdiri dari tatanan hardware dan personel yang mengintegrasikan sistem komando dan pengendalian (Kodal) dengan memanfaatkan sarana radar dan long range camera pengamatan maritim yang dipasang di pantai atau daratan, kapal, maupun pesawat udara. Sistem tersebut telah dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah AS di wilayah Indonesia Timur. Tepatnya di sekitar perairan Laut Sulawesi, guna meningkatkan kerjasama keamanan maritim antara AS dan Pemerintah RI. "Ini merupakan kelanjutan kerjasama bilateral antara Pemerintah AS dan Pemerintah RI yang dimulai tahun 2006 lalu," lanjut Yayan.

Dengan selesainya pembangunan perangkat IMSS, juga dilakukan  penyerahan secara resmi oleh AS kepada RI, yang selanjutnya dipakai di angkatan laut RI.

Pada kesempatan itu juga dilakukan unjuk kemampuan terhadap operasional perangkat IMSS di wilayah Indonesia Timur yang telah terpasang. Yakni dengan demonstrasi yang melibatkan beberapa Coastal Surveillance System (CSS) yang ada di Posal, Shipboards Surveillance System (SSS) di KRI, juga di Regional Command and Control Center (RCC) di Lantamal VIII Manado dan Fleet Command and Control Center (FCC) yang berada di Puskodal Koarmatim.
Continue reading →

Latihan Militer TNI AU, Satu Warga Terluka

0 komentar
Latihan militer TNI Angkatan Udara di Lapangan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta, pagi tadi tidak hanya mengakibatkan kerusakan pada lima rumah warga. Satu orang mengalami luka-luka akibat terkena pecahan benda.

"Ada satu orang korban luka. Namanya Vincent, sekarang dibawa ke rumah sakit," kata Yuswiti, warga setempat di lokasi kejadian daerah Palem Lor, RT01/RW01, Padukuhan, Baturetno, Bangunpapan, Kabupaten Bantul, Jumat 28 Oktober 2011.

Vincent merupakan anak kos yang masih kulih di Sekolah Tinggi Teknologi Adi Sucipto. Vincent mengalami luka di pergelangan tangan kiri. Dia sudah dibawa ke rumah sakit terdekat. "Vincent warga Kupang, NTT," kata Yuswiti.


Seorang petugas TNI Angkatan Udara yang menolak disebut namanya membenarkan bahwa ledakan yang merusak rumah dan melukai satu warga akibat latihan militer pagi tadi. "Kami akan mengganti dan memperbaiki rumah yang rusak," kata salah satu anggota TNI Angkatan Udara di lokasi.

Sebelum latihan militer digelar, petugas dari TNI AU memang sudah memberikan pemberitahuan. Ada sejumlah anggota TNI AU berkeliling kampung. Anggota TNI AU menggunakan mobil dan pengeras suara memberitahukan warga bahwa akan ada latihan militer.

"Pagi tadi ada pengumuman bahwa akan ada latihan menggunakan bahan peledak. Warga diminta jangan kaget. Anak kecil disuruh diberi penutup telinga. Ini disebutkan merupakan lanjutan dari latihan sore kemarin," kata dia.
Continue reading →

Alasan RI Bangun Pusat Pasukan Perdamaian

0 komentar
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membeberkan alasan pembangunan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, yang di masa mendatang juga akan difungsikan sebagai pangkalan militer RI serta pusat pelatihan kontraterorisme.

Presiden Yudhoyono menegaskan pentingnya Indonesia memiliki pusat keamanan dan perdamaian kelas dunia. “Intensitas dan kontribusi Indonesia dalam tugas-tugas pemeliharaan perdamaian dunia sangat tinggi. Dunia juga menilai, kontribusi kontingen Indonesia dalam mengemban tugas di mana pun mereka berada, memiliki prestasi yang baik,” kata Yudhoyono di Sentul, Jawa Barat, Senin 19 Desember 2011.

Pembangunan fasilitas keamanan dan perdamaian di Sentul ini, terang Yudhoyono, adalah salah satu cara mempertahankan dan meningkatkan prestasi Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia. Yudhoyono menekankan, Indonesia tidak boleh kehilangan kesempatan hanya karena kendala teknis, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.


“Kita pernah kehilangan peluang di Bosnia,” ujar Yudhoyono. Menurutnya, perwira-perwira TNI saat itu tak banyak memegang posisi kepemimpinan kunci dalam pasukan perdamaian PBB di Bosnia. “Padahal kita punya 650 perwira. Kita juga punya military observers di 38 negara,” kata Yudhoyono lagi.

TNI pun, ujarnya, tergabung dalam pasukan perdamaian dunia di 6 wilayah konflik seperti Kroasia, Serbia, Bosnia Herzegovina, Kosovo, Macedonia, dan Montenegro. “Tetapi perwira-perwira Indonesia tidak terlalu banyak memimpin karena hambatan bahasa dan pengetahuan tentang peace keeping nation itu sendiri,” kata Yudhoyono.

Ia juga mengemukakan, Indonesia menelan pengalaman pahit ketika sekitar 3-5 persen kontingen Indonesia –baik TNI, Polri, perwira, maupun bintara, dipulangkan ke Indonesia. “Padahal mereka baru sekitar 1-2 minggu berada di Bosnia. Tapi terpaksa dipulangkan karena mereka tidak lulus tes mengemudi dan Bahasa Inggris,” kenang Yudhoyono.

Yuhoyono juga menceritakan satu lagi pengalaman buruk yang menimpa Indonesia dalam misi perdamaiannya. “Indonesia pernah mendapat tawaran pertama menambah kontingen, karena akan didirikan komando baru, dan Indonesia ditawari jenderal berbintang dua untuk menjadi komandan manakala satu batalion itu bisa ditambahkan di pasukan yang ada. Ternyata kita tidak siap,” dia menerangkan.

Semua pengalaman pahit itu, kata Yudhoyono, terjadi pada 1996. Saat itu rupanya Yudhoyono menjadi salah satu pasukan pengemban misi perdamaian di Bosnia. “Waktu saya selesai mengemban tugas dari Bosnia, saya datang ke Mabes TNI dan memikirkan bagaimana negeri kita bisa mendirikan peace keeping center,” dia mengungkapkan.

“Semua pengalaman itu menjadi inspirasi, mengapa pusat keamanan dan perdamaian ini harus kita dirikan. Sayang sekali waktu itu belum bisa dibangun. Baru sekarang kita wujudkan,” kata Yudhoyono. Ia menambahkan, IPSC di Sentul itu ke depannya juga akan menjadi pusat pelatihan kontraterorisme, pelatihan tanggap budaya, serta kampus Universitas Pertahanan.

Lokasi IPSC berada di kawasan Santi Dharma yang terletak di Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. IPSC dibangun di area seluas 261 hektar lebih, di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, di kawasan perbukitan Sentul. Pembangunan IPSC dijadwalkan rampung pada tahun 2013.

IPSC terdiri dari pusat pemeliharaan perdamaian, pusat pelatihan penanggulangan terorisme, pusat pelatihan penanggulangan bencana, pusat bahasa, dan markas pasukan siaga TNI. Area IPSC juga dilengkapi laboratorium bahasa, serta fasiltas latihan hingga mess bagi anggota TNI yang melaksanakan pendidikan.

IPSC ini akan berada di bawah komando perwira tinggi TNI berpangkat Brigadir Jenderal, dan wakilnya berpangkat kolonel. Setiap anggota TNI yang dilatih di sini adalah anggota TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, yang telah melalui tahap seleksi.
Continue reading →

2014, Tantangan TNI Semakin Kompleks

0 komentar
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan tantangan TNI pada tahun 2012 akan semakin meningkat, mengingat suhu politik pada tahun 2012 akan semakin memanas karena akan menghadapi Pemilu 2014.

"Maka kondisi itu mensyaratkan fungsi pertahanan negara yang maksimal, karena tantangannya akan semakin kompleks ke depan," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro saat memberikat pembekalan di Rapat Pimpinan TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 18 Januari 2012.

Ia mengimbau, TNI sebagai garda terdepan pertahanan nasional perlu melakukan pengawasan regional. "Tindakan ini perlu agar kita terhindar dari resiko yang dapat mengganggu pertahanan negara dan keutuhan bangsa Indonesia," ujar Purnomo.


Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono secara resmi membuka Rapat Pimpinan TNI tahun 2012. Acara yang dihadiri tiga Kepala Staf dan lebih kurang 154 perwira tinggi TNI dari tiga angkatan ini mengambil tema, "Melanjutkan Reformasi Birokrasi dan Membangun Kekuatan Minimum (MEF)."

Menurut Panglima TNI, Rapim kali ini merupakan wahana komunikasi, informasi untuk menyamakan persepsi, serta pola pikir dan pola tindak dalam menetapkan konsistensi pembangunan TNI guna pencapaian pembangunan kekuatan pokok minimum TNI (MEF).

"Saya berharap pada Rapim TNI dapat dilakukan evaluasi secara jujur dan tajam. Khususnya tentang pembinaan kekuatan, pembinaan kemampuan, penggunaan dan gelar kekuatan TNI tahun 2012," kata Panglima TNI.
Continue reading →

KSAD: Tentara Nganggur Akan Bahaya

0 komentar
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI l Pramono Edhie Wibowo menegaskan, untuk dapat mencapai kemajuan dan sejahtera dasarnya adalah terciptanya keamanan.

Untuk itu, dia menambahkan, hubungan pemerintah daerah dengan TNI harus harmonis. "Aman dan tenteram, membuat orang juga aman untuk berusaha. Jika suasana ini bisa dijaga maka perekonomian pasti hidup dan berjalan," kata Jenderal Edhie di jamuan makan malam di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu malam 15 Februari 2012.

Sementara, untuk membantu pelaksanaan program pembangunan di Jatim, pihaknya sepakat dengan memberdayakan anggota TNI. Karena, lanjutnya, jika banyak tentara yang menganggur juga akan berbahaya.


"Jika tentara nganggur juga akan berbahaya. Maaf, kami bukannya cari kerjaan, tapi hanya mengingatkan, kami punya alat dan pasukan. Itu harus dimanfaatkan," kata dia.

Dicontohkan, keikutsertaan TNI dalam percepatan pembangunan di antaranya telah dilakukannya penandatanganan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) skala besar di Kalimantan Timur. Yakni, membangun tiga lapangan terbang di perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Dalam proyek ini ada tiga ruas jalan di daerah perbatasan yang akan terhubung. Dan, diharapkan perbaikan ini akan membawa dampak positif buat masyarakat di sana," urainya.

Terkait maraknya aksi demo yang belakangan ini kian marak, Pramono Edhie menegaskan bahwa pada era keterbukaan ini, demo boleh-boleh saja dilakukan. Tetapi, harus dipatuhi oleh semua lapisan untuk tidak melakukan tindakan anarkis. Karena itu akan menganggu kestabilan nasional.

"Tidak ada yang boleh mengganggu keamanan negara, jika itu terjadi pasti saya tindak tegas," lanjut Pramono di acara yang juga dihadiri BEM se-Jatim itu.
Continue reading →

Kementerian Pertahanan cari pinjaman untuk alutsista

0 komentar
Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan mengoptimalkan pinjaman dalam negeri untuk pembelian alat utama sistem senjata karena selama ini lebih banyak menggunakan utang luar negeri.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan Brigjen TNI Hartind Asrin di Jakarta, Rabu mengatakan, pihaknya melalui "High Level Committe" (HLC) akan melakukan pembicaraan mendalam dengan Kementerian Keuangan untuk memaksimal pinjaman dalam negeri yang digunakan untuk pembelian alutsista. "Utang luar negeri lebih banyak digunakan dibandingkan pinjaman dalam negeri. Hal ini disebabkan masih banyaknya alutsista yang harus dibeli dari luar negeri karena Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (BUMNIP) dan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS) belum mampu memproduksi alutsista yang dibutuhkan TNI," kata Hartind.


  
Ia mencontohkan, pembuatan tank di Indonesia baru bisa untuk kelas ringan seperti Panser Anoa, sedangkan tank berukuran berat seperti Leopard masih harus dibeli dari luar negeri. "Itu pun kita membeli dengan syarat 'Transfer of Technology' (ToT) karena kalau kita beli dalam negeri, tidak dijual," katanya.
  
PT Pindad belum bisa membuat meriam dan peluru dengan kualitas yang baik, bahkan senjata yang dibeli pun hanya senjata ringan. Pesawat juga, yang bisa dibeli dari dalam seperti CN 295 atau Puma, kita pesan dari PT DI, ucap Hartind.

Ia menambahkan, HLC yang diketuai oleh Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin akan menjelaskan secara detail mengenai teknis tingginya utang luar negeri untuk pembelian alutsista kepada Komisi I DPR pada Februari 2012 ini. Tak hanya itu, kata dia, Kemhan juga masih melakukan pembicaraan untuk penurunan pajak pembelian alutsista.
Continue reading →

Rudal-Rudal Iran Siap Gempur Musuh

0 komentar
Angkatan Laut Iran menguji dua rudal jarak jauh 200-kilometer (120 mil) dan rudal jarak pendek dalam latihan perang di dekat Teluk pada Senin kemarin (2/1/2012).

''Pada hari ini (Senin), untuk pertama kali kita akan menguji rudal jarak jauh Ghader dari darat ke laut, rudal jarak pendek Nashr dan rudal Nour dari permukaan ke permukaan," kata juru bicara Angkatan Laut, Komodor Mahmoud Moussavi, seperti dikutip kantor berita ISNA.

Ghader merupakan rudal jelajah buatan Iran dengan jangkauan 200 kilometer. "Ghader adalah rudal ultra-modern yang terintegrasi dengan radar ultra-tepat. Sistem rentang dan kecerdasan anti-deteksinya telah meningkat dibanding generasi sebelumnya," katanya. Dan tentunya hal ini dapat mengancam negara yang selama ini menjadi musuh Iran.


Iran menggelar uji coba peluncuran rudalnya di hari terakhir latihan perang angkatan lautnya, Senin (2/1/2012), di Selat Hormuz. Roket terakhir yang diluncurkan, Roket Nur, berhasil menghantam target.

 
Sementara, rudal Nour dan Nashr didasarkan pada desain China. Rudal Nour adalah rudal anti-kapal dan juga berjarak jelajah 200 kilometer. Radar ini dikembangkan berdasarkan pada rudal C-802 China.

Moussavi mengatakan rudal Nour yang akan ditembakkan itu telah diperbaiki dengan sistem anti-radar dan penargetannya. Sebuah rudal Iran Nour dilaporkan digunakan oleh milisi Hizbullah untuk menonaktifkan satu kapal perang Israel selama konflik 2006.

Rudal anti kapal Nasr dikembangkan berdasarkan rudal C-704 China dan memiliki kisaran jangkauan 35 kilometer (22 mil). ''Iran telah menempatkan rudal ini di atas kapal patrolinya. Para pengamat militer Suriah akan menonton uji tembak rudal ini,'' kata Moussavi.

Peluncuran rudal ini bertepatan dengan latihan perang di Selat Hormuz yang sebelumnya diancam ditutup oleh Iran. Latihan perang ini berlangsung selama 10 hari di sekitar selat yang menjadi jalur ekspor minyak sekira 40 persen distribusi minyak dunia.

Beberapa analis memperingatkan serangan rudal merupakan bentuk peringatan kepada barat, bahwa mereka seharusnya tidak menerapkan sanksi ekonomi kepada Iran.

Selain rudal anti-radar tersebut, Iran juga berhasil membangun kapal perang canggih jenis destroyer. Kapal seberat 1.420 ton ini dilengkapi dengan radar dan kemampuan perang dengan teknologi tinggi.

Kapal perang tersebut diketahui memiliki kecepatan mencapai 30 knot dan sebuah landasan helikopter. Kapal destroyer ini juga dilengkapi rudal anti-pesawat, rudal anti-tank dan rudal anti-kapal selam.
Continue reading →

75 Persen Militer Rusia Adalah Muslim

0 komentar
Berdasarkan laporan Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, merujuk polling yang telah dilakukan akhir-akhir ini, 75 persen militer Rusia sangat komitmen memegang ajaran agama. Prosentasi keislaman para pejabat militer juga selalu bertambah.

Menurut penuturan kepala Badan Spionase Rusia, di kamp-kamp militer terdapat sebanyak 46 pusat keagamaan, baik masjid maupun gereja. Muslimin dari kalangan militer ini konsisten melakukan ibadah di masjid.



RIA Novosti melanjutkan, Islam adalah agama besar kedua di Rusia. Islam masuk ke Rusia pada abad ke-8 Hijriah dan hingga sekarang, sudah sekitar 1400 tahun agama ini eksis di negara ini. Di pesisir Welga, Islam telah memasuki Rusia 100 tahun lebih cepat dibandingkan Kristen Ortodoks. Pada saat ini, sekitar 15 hingga 24 juta jiwa penduduk Rusia beragama Islam.

Continue reading →

TNI-Polri gelar latihan gabungan antiteror

0 komentar
Personel TNI-Polri melaksanakan latihan bersama penanggulangan terorisme di lokasi Hotel Sultan, hotel Borobudur, TVRI, Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

“Tentunya latihan tadi semuanya dikemas dan direncanakan dalam penanganan hukum, sesungguhnya dalam penindakan teror itu untuk bisa kita redam untuk sebelum melakukan langkah-langkah lain,” kata Kepala Kepolisian Negara RI (Kapolri), Jenderal Pol Timur Pradopo. Kapolri mengatakan bahwa latihan bersama dengan sandi Waspada Nusa III adalah latihan kali ketiga. 

“Langkah-langkah preventif ini dilakukan kerja sama antara TNI, Polri dan juga masyarakat, ini adalah langkah bagaimana menstimulan masyarakat, apapun yang terjadi seluruh wilayah Indonesia dari ancaman teror dan itu di bawah koordinasi BNPT,” kata Timur. Latihan gabungan ini diikuti 2.180 personel Polri dan 470 personel TNI. Tujuan latihan untuk meningkatkan kemampuan komandan atau pimpinan dan staf dalam operasi penanggulangan teror.
Continue reading →

TNI Latihan Gabungan Terbesar di Asia

0 komentar
Mabes TNI menugaskan 75 personel terbaiknya ke Thailand. Mereka menjadi anggota delegasi untuk berlatih di latihan gabungan Cobra Gold.

Dengan sandi cobra emas, latihan yang diinisiasi oleh Thailand dan Amerika Serikat itu merupakan latihan militer gabungan terbesar di Asia. “Mereka akan berlatih hingga lima hari lagi,” ujar Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kemarin (11/02).

Latihan ini diikuti tujuh negara yaitu Thailand, Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia. Latihan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapang. Cobra Gold merupakan kegiatan perencanaan pasukan koalisi berdasarkan skenario yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain itu melatih operasi militer selain perang.


khususnya operasi perdamaian dunia dan bantuan kemanusiaan. “Tujuan utama juga meningkatkan persahabatan antar negara,” kata laksamana bintang dua itu.

Latihan ini juga melatih perencanaan staf pada operasi perdamaian dunia yang melibatkan pasukan koalisi melalui implementasi Resolusi Dewan Keamanan PBB. Delegasi Indonesia yang tergabung dalam Cobra Gold 2012 dipimpin oleh Wakapuskes TNI Brigjen TNI dr. Daradjatun Moejiono, Sp.OT .

Direktur Lembaga Studi Pertahanan dan Strategi Indonesia Rizal Darmaputera menilai latihan ini sangat strategis untuk menciptakan perdamaian kawasan. Namun, latihan ini juga bisa meningkatkan ketegangan terutama di laut China Selatan. “Tiongkok bisa menganggap ini sebagai upaya AS meningkatkan dukungan,” katanya.

Menurut peneliti pertahanan yang sering riset ke Afghanistan itu, AS sangat berkepentingan dengan kawasan laut China Selatan. “Stabilitas kawasan sangat penting untuk mengamankan kepentingan AS terutama alur transportasi perdagangannya,” katanya.
Continue reading →

Terlibat Pilkada, Anggota TNI Diancam Dipecat

0 komentar
Anggota TNI yang terbukti tidak netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Aceh 2012 diancam diberhentikan tidak hormat. TNI akan tetap menjaga netralitas dalam Pilkada Aceh meskipun saat ini ada tiga purnawirawan jenderal yang diindikasikan bergabung dalam salah satu partai politik di Aceh.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Subagio Irianto di Banda Aceh, Sabtu (11/2/2012).
"Tidak netral adalah kategori pelanggaran berat bagi prajurit TNI. Sanksinya penghentian tidak hormat. Kalau ada masyarakat melihat ada anggota TNI yang terlibat mendukung salah satu pihak dalam pilkada, silakan laporkan. Kami akan tindak tegas," kata Subagio.
Dalam beberapa hari terakhir, lanjut dia, Kodam Iskandar Muda sering mendapat pertanyaan dari masyarakat terkait netralitas TNI dalam Pilkada Aceh. Hal ini bermula dari masuknya sejumlah purnawirawan jenderal ke dalam tim sukses salah satu pasangan calon kepala daerah di Aceh.


"Di sini kami menegaskan bahwa tidak benar Kodam tidak netral. Netralitas akan kami tegakkan. Bergabungnya mereka (para jenderal purnawirawan) adalah hak pribadi mereka. Anggota TNI kalau lepas dinasnya, mereka sama hak politiknya dengan masyarakat lain," kata dia.
"Markas Besar TNI, Mabes Satuan TNI, maupun Kodam Iskandar Muda tak pernah memberikan instruksi kepada para jenderal purnawirawan tersebut untuk ikut terlibat dalam politik di Aceh. Tidak ada pesan khusus. Itu sikap pribadi mereka. Tak ada kaitannya dengan TNI," lanjut dia.
Kodam Iskandar Muda juga menginstruksikan agar semua prajurit di jajarannya tak menjalin komunikasi apa pun, apalagi memberi bantuan fasilitas kepada para jenderal yang terlibat dalam pilkada. "Apabila ada masyarakat yang mengetahui prajurit TNI terlibat, laporkan ke kami. Kami akan tindak tegas," kata dia.
Komandan Kodim 0101 Aceh Besar Letnan Kolonel CZI Saptono Syiwarudi menambahkan, dia sudah menginstruksikan agar tak ada satu pun prajurit di jajaranya yang mengawal para jenderal purnawirawan tersebut. "Baik itu bersifat pribadi maupun satuan," tegas Saptono.
Penggunaan aset TNI juga tak bisa dilakukan untuk kepentingan pilkada, termasuk penggunaan Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, untuk kampanye. "Kalau kami berikan, di mana netralitas TNI?" tandas dia.
Continue reading →

Pesawat Kepresidenan Tiga Negara Buatan Indonesia

0 komentar
Indonesia patut berbangga dengan PT Dirgantara Indonesia (DI). Sebab, 3 negara telah menggunakan CN-235, buatan perusahaan yang dulunya bernama Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) menjadi pesawat kepresidenan. Ketiganya adalah Malaysia, Korea Selatan, dan Pakistan.

Direktur Aircraft Service PT DI Rudi Wuraskito mengatakan, Malaysia dan Korea Selatan menggunakan 2 unit CN-235 sebagai pesawat kepresidenan. Sedangkan Pakistan hanya 1 unit. Sama dengan pesawat Boeing yang baru dibeli Sekretariat Negara untuk Presiden Republik Indonesia, CN-235 tersebut juga memiliki interior dan keamanan khusus.

’’Harganya untuk body pesawat saja (pesawat kosong) USD 18-19 juta. Kalau ditambah interior tinggal menambah USD 4 juta saja. Tapi itu interior yang standar untuk VVIP. Tapi ada juga yang meminta interior sangat mewah. Harganya USD 8 juta,’’ papar Rudi kepada INDOPOS (Group JPNN) di Jakarta kemarin (10/2).

Menurut Rudi, alasan 3 negara tersebut membeli CN-235 karena luas daerahnya yang kecil. Sehingga tidak perlu pesawat besar untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Lama terbang pesawat tersebut sekitar 8-9 jam dan dapat mendarat di bandara yang mempunyai landasan hanya 1.200 meter.

’’Lama terbang CN-235 beda dengan Boeing yang baru dibeli pemerintah. Kalau dengan CN-235 Jakarta-Papua ditempuh selama 5-6 jam. Tapi kalau pesawat jet hanya 3 jam. Kalau presiden terbang terlalu lama akan capai di perjalanan,’’ ujarnya.

Dikatakan Rudi, PT DI sudah pernah menawarkan CN-235 sebagai pesawat kepresidenan ke Sekretariat Negara. Namun, karena diprioritaskan pesawat yang mampu menempuh jarak jauh dengan waktu singkat, maka CN-235 tidak dipilih.

’’Ada prioritas. Dipilih yang paling baik. Kalau berharap, jika presiden ke Surabaya cukup pakai CN-235 saja,’’ urai Rudi.

Untuk komponen pesawat, kata Rudi, sebagian besar memang harus impor. Karena, perseroan tidak memiliki lisensi untuk membuatnya. Untuk mesin dibeli dari GE, perlengkapan avionik dari Colin atau Universal.’’Kalau merakit dan merancang pesawat dari kita. Kalau harus membuat sendiri seluruh perlengkapan biayanya sangat mahal. Misalnya avionik. Harus ada pabrik khusus untuk membuatnya. Airbus dan Boeing saja tidak punya pabriknya. Mereka juga memesan komponen dari vendor, termasuk PT DI,’’ katanya.

Kata Rudi, sekitar 15 negara telah menggunakan pesawat CN-235. Di antaranya Amerika Serikat, Prancis, Spanyol, Malaysia, Thailand, Turki, Brunei Darussalam, Pakistan, dan Arab Saudi. Total sudah ada 315 pesawat yang dibuat. Negara yang paling banyak menggunakan adalah Turki dengan 70 unit. Kebanyakan pesawat-pesawat tersebut dipakai untuk transportasi militer seperti membawa barang dan orang.

’’Kita sedang mengusahakan tiap tahun ada pemesanan baru. Saat ini kita sedang menjajaki dengan Angkata Udara Indonesia dan ajukan penambahan ke Korea,’’ tutur Rudi.
Continue reading →