Turki Serang Gerilyawan Irak Melalui Udara

0 komentar
Kelompok gerilya Partai Buruh Kurdistan (PKK) menyatakan, Minggu (12/2), tidak ada korban di pihaknya dalam serangan udara Turki di daerah perbatasan Irak utara.

"Pesawat-pesawat tempur Turki membom daerah-daerah Zab dan Khowakirk mulai pukul 21.00 Sabtu (Minggu pukul 01.00 WIB) dan berlangsung selama satu jam," kata juru bicara PKK Bakhtiar Dogan kepada AFP sebagaimana dilansir Antara.

Dogan mengatakan, serangan udara itu menimbulkan kerusakan pada pertanian dan sejumlah desa, namun tidak ada korban di pihak PKK. Ia juga tidak menyebutkan ada korban di kalangan sipil.



Militer Turki menyatakan, pesawat-pesawatnya melancarkan serangan ke posisi yang dicurigai sebagai tempat persembunyian gerilyawan Kurdi di Irak utara pada Sabtu (11/2).

Pada Kamis (9/2), lima orang yang terdiri dari seorang prajurit dan empat gerilyawan tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan Turki dan gerilyawan PKK di Turki tenggara.

Pada Desember, sekitar 3.000 prajurit yang didukung oleh pesawat dan helikopter serang melancarkan operasi setelah mengidentifikasi kelompok sekitar 30 gerilyawan PKK di Gunung Goresi di perbatasan provinsi-provinsi Elazig dan Diyarbakir di Turki tenggara.

Militer Turki melancarkan serangan-serangan udara dan operasi darat terbatas ke Irak utara sejak Agustus 2011 menyusul gelombang serangan gerilyawan PKK, setelah macetnya gencatan senjata sebelumnya. Lebih dari 40.000 orang tewas sejak PKK mengangkat senjata pada 1984.

Enter your email address:

Leave a Reply