Turki Peringati 15 Tahun Kudeta Militer 28 Februari 1997

0 komentar

Partai politik dan LSM Turki melakukan aksi protes pada hari Selasa kemarin (28/2) mengutuk keras kudeta yang berlangsung 28 Februari 1997 pada peringatan kudeta ke-15.

Anggota dari Asosiasi Hak Asasi Manusia dan Solidaritas untuk Rakyat Tertindas (MAZLUM-DER) mengadakan aksi protes di Güniz Street di Ankara, di mana rumah Suleyman Demirel, yang menjadi presiden pada saat kudeta, berada.


Menyampaikan pernyataan pers, presiden MAZLUM-DER Ahmet Faruk Unsal mengatakan Demirel, kepala Staf Umum dan komandan pasukan militer pada waktu itu semuanya harus diadili karena peran mereka dalam melakukan kudeta.

Anggota MAZLUM-DER juga melakukan aksi protes di Istanbul untuk mengutuk kudeta 28 Februari 1997, menggunakan miniatur tank, referensi ke tank militer yang menggelinding melewati distrik Sincan Ankara untuk menunjukkan kekuasaan pada Februari 1997.
Para pengunjuk rasa mengenakan kaos yang bertuliskan "Hati nurani rakyat" dan secara simbolis mengirim kembali tank kembali ke barak.

Anggota Partai Felicity (SP), penerus Partai Kesejahteraan, yang dipaksa mengundurkan diri pada tahun 1997, menggelar aksi protes di Istanbul Taksim Square pada Selasa kemarin.
Anggota SP meneriakkan slogan-slogan yang mendukung mantan pemimpin mereka Necmettin Erbakan, dan mereka mengutuk semua intervensi militer.

Enter your email address:

Leave a Reply