London Selenggarakan Pameran Terbesar Senjata

0 komentar
INILAH pameran terbesar senjata di dunia. Sebanyak 1.2000 produsen pertahanan berkumpul di London untuk menampilkan segala sesuatu dari mulai pesawat tak berawak terbaru hingga kamuflase cat tubuh, demikian dilaporkan Associated Press, Selasa (13/9).

Namun, ketika pameran internasional “Defence and Security Equipment” (DSEi) dibuka, Selasa (13/9), sejumlah perusahaan pertahanan menyadari, mereka tengah menghadapi musuh bersama, berupa pemotongan anggaran militer besar-besaran, dan pengurangan operasi militer di Afghanistan.


“Industri ini sudah merasakan dampak dari krisis keuangan dan akan terasa lebih kuat segera setelah operasi di Afghanistan benar-benar diakhiri,” kata Endre Lunde, seorang konsultan pertahanan dari “IHS Janes”.

DSEi kali ini diharapkan bisa menarik lebih daripada 20.000 pengunjung, dari mulai ahli militer hingga pejabat pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari berbagai negara. Di antara item baru yang ditampilkan adalah apa yang disebut sebagai “jubah gaib”, yang digunakan untuk tank dan masker gas yang dilengkapi dengan sistem hidrasi Camelbak.

“Banyak orang sekarang akhirnya menyadari emas ini akan berakhir,” kata Lunde mengindikasi melemahnya permintaan pasar akan produk alutsista.

Itu berarti industri pertahanan akan memburu uang di tempat lain, terutama bagi produsen kendaraan lapis baja, yang dibeli dalam jumlah besar untuk medan perang di Afghanistan.

Kini, industri pertahanan mencari cara baru agar tetap bernapas. Beberapa industri me-rebranding produk mereka yang keluar dari Afghanistan. Yang lain lebih menekankan pada ancaman perang cyber yang terus berkembang.

Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox mengatakan, Kementerian Keuangan negaranya setuju untuk meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 1 persen per tahun untuk peralatan pertahanan dari 2015 hingga 2021.

Industri pertahanan Inggris menjadi kedua terbesar di seluruh dunia setelah Amerika Serikat (AS).

Enter your email address:

Leave a Reply