Rusia Pesan 20 Unit MiG-29 Varian Kapal Induk

0 komentar
Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangangi kontrak pengadaan 20 unit pesawat tempur MiG-29K dan MiG-29KUB untuk melengkapi armada penerbangan angkatan lautnya.

"Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov dan Direktur Umum MiG Sergei Korotkov telah menandatangani kontrak pengadaan MiG-29K dan MiG-29KUB yang dioperasikan dari kapal induk," demikian dinyatakan pihak pabrikan pesawat MiG, Rabu (29/2/2012).

MiG-29K (kursi tunggal) dan MiG-29KUB (kursi tandem) adalah varian khusus MiG-29 yang dioperasikan dari kapal induk. Dibanding versi standarnya, MiG-29 varian ini dilengkapi sayap yang bisa dilipat, kait penahan untuk membantu pengereman saat mendarat di kapal induk, kerangka pesawat yang diperkuat, dan kemampuan tempur multiperan dengan dilengkapi rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Pesawat itu akan dioperasikan dari satu-satunya kapal induk yang masih dimiliki Rusia, yakni Admiral Kuznetsov, yang menjadi bagian dari Armada Utara AL Rusia. Selama ini, AL Rusia mengoperasikan pesawat Sukhoi Su-33 dari kapal induk tersebut.  

Enter your email address:

Leave a Reply