Indonesia dan Malaysia menggelar latihan militer gabungan bersama

0 komentar
Jika tidak ada aral melintang, nantinya dua negara serumpun, yakni Indonesia dan Malaysia akan menggelar latihan militer gabungan bersama pada 2013 mendatang. Latihan gabungan yang biasa di kenal dengan Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013 tersebut, direncanakan akan meliputi latihan di Darat, Laut dan Udara.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan semuanya, Jumat(24/2) lalu, tim survei Latgabma MalindoDarsasa-8AB/2013 dari Markas Besar TNI melakukan kunjungan secara langsung ke Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

Tim yang berjumlah 4 orang personel tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Survei Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013, Kolonel Psk Roland DG Waha, bersama Letkol Inf Sidharta Wisnugraha, Letkol Laut (P) Agung Djaya Sakti dan Mayor Marinir Samson Sitohang tersebut disambut langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Sawa didampingi Kasrem O33/WP, Letkol Inf Bayu Haritomo, perwakilan Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun yakni Danramil 01/Tanjungbalai Karimun, Kapten Inf Handono di Bandar Udara Sei Bati, Kecamatan Tebing.

Menurut Kolonel Psk Roland DG Waha kepada Tribun menjelaskan bahwa maksud kedatangan mereka ke Tanjungbalai Karimun adalah untuk mengetahui infrastrutur, sarana dan prasarana yang ada di Bumi Berazam.

Dimana hal tersebut nantinya akan menjadi bahan dan data dalam penyusunan rencana kegiatan Latgamba Malindo 8AB/2013 tersebut.

Hal tersebut sengaja dilakukan mengingat, Kabupaten Karimun termasuk wilayah kepulauan dan masuk dalam Latgabma Malindo-8AB/2013 nantinya. Namun demikian, daerah mana saja yang akan menjadai daerah latihan bersama tersebut, Hanya saja, daerah mana saja di Karimun, Kolonel Roland DG Waha belum menjabarkannya secara gamblang.

"Kami datang untuk mengumpulkan bahan dan data terutama soal infrastruktur, sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Karimun untuk  menyusun rencana kegiatan Latgamba Malindo Darsasa-8AB/2013," ujar Kolonel Roland DG Waha menjelaskan.

Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013 tersebut,tambahnya, akan melibatkan pasukan dari unsur TNI yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta pasukan Angkatan Tentara Malaysia (ATM). Sementara untuk media latihan terdiri dari aspek darat, laut dan udara.

Selain itu, kata Roland, di sela-sela latihan rencananya juga akan dilangsungkan kegiatan bhakti sosial seperti pengobatan massal gratis bagi masyarakat sekitar, olahraga bersama dan malam prajurit.

Adapun tujuan latihan itu sendiri, nantinya sebagai cara dalam memelihara dan meningkatkan hubungan silaturahmi serta persahabatan antara kedua angkatan bersenjata dan juga dengan masyarakat sekitarnya.

Enter your email address:

Leave a Reply