Pakistan Pertimbangkan Kerahkan Senjata ke Perbatasan

0 komentar
Pakistan dapat menggunakan senjata pertahanan udara ke perbatasan Afghanistan untuk mencegah serangan udara NATO di masa depan seperti yang bulan lalu menewaskan 24 tentara negara itu, kata seorang anggota parlemen senior Jumat (9/12).

Para pejabat AS membantah serangan bulan lalu itu disengaja dan mereka telah memperbaiki kerusakan yang disebabkan ketegangan hubungan negara itu dengan Pakistan. Menemukan cara untuk memperbaiki hubungan ini penting karena Pakistan dianggap kritis untuk menghadapi perang melawan Afghanistan.



Kemungkinan Pakistan mengerahkan senjata pertahanan udara ke perbatasan menunjukkan betapa tinggi ketidakpercayaan antara negara itu dan pasukan pimpinan Amerika yang berperang di Afghanistan, meskipun Islamabad telah menerima miliaran dolar bantuan Amerika selama dekade terakhir.

Serangan udara NATO terhadap dua pos militer di perbatasan Afghanistan sebelum fajar pada 26 November menambahkan kemarahan Pakistan yang masih tersimpan akibat serangan rahasia AS yang membunuh Osama bin Laden di sebuah Kota Garnisun Pakistan Mei. Para pejabat Pakistan marah karena mereka tidak diberitahu terlebih dahulu tentang operasi melawan Pimpinan al-Qaeda itu. Mereka juga kesal atas pelanggaran kedaulatan negara - seperti yang telah mereka lakukan dengan serangan NATO.

Mayor Jenderal Ashfaq Nadeem, Kepala Operasi Militer Pakistan, mengatakan kepada Kabinet dan Senat Komite Pertahanan pada Kamis (8/12) bahwa para pejabat percaya serangan udara itu direncanakan dan mereka berspekulasi bahwa serangan itu telah dilakukan oleh CIA.

CIA secara luas dibenci di Pakistan karena serangan pesawat tak berawak yang sering menargetkan militan di wilayah kesukuan Pakistan

Enter your email address:

Leave a Reply