Ancaman Kapal Selam Korut Ditanggapi Latihan Militer Korsel

0 komentar
Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) berniat akan menggelar latihan militer pada pekan depan. Latihan ini dilakukan untuk mewaspadai ancaman kapal selam Korea Utara (Korut) di wilayah pantai barat.

"Pada Senin pekan depan, Angkatan Laut AS dan Korsel akan melakukan latihan militer selama lima hari, untuk menghadapi kapal selam Korut di Laut Kuning," ujar pejabat Korsel, seperti dikutip Kuna Kamis (16/2/2012).

Seoul dan Washington sebelumnya sudah menggagas latihan tempur ini pada Desember 2011 lalu. Latihan yang ditujukan untuk menghadapi ancaman kapal selam itu bahkan menjadi program latihan setiap tahun antara kedua mitra tersebut.



Latihan militer Korsel dan AS akan melibatkan kapal tempur Korut, Yulgogk Yi I yang dilengkapi dengan Aegis. Selain itu 20 kapal perang lainnya serta helikopter dan juga akan dikerahkan untuk latihan militer itu.

Pada 2015 mendatang, Angkatan Laut Korsel juga mempersiapkan satuan baru untuk divisi kapal selam. Hal itu bahkan disetujui oleh Pemerintah Korsel. pembentukan divisi kapal selam itu dilakukan karena Korut memiliki 70 unit kapal selam di perairannya.

Kedua negara di Semenanjung Korea itu memang selalu tampak berseteru meski Perang Korea sudah berakhir. Akhir dari Perang Korea juga tidak membuahkan hasil yang signifikan, kedua pihak juga menolak untuk membentuk sebuah perjanjian damai.

Enter your email address:

Leave a Reply