Tiga Kapal Latih Jepang Merapat ke Indonesia

0 komentar
Tiga kapal latih bela diri Jepang merapat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/2). Kapal JS Hamagiri, JS Sawayuki, dan JS Sayuki beserta 600 anggota pasukan bela diri Jepang ini datang ke Indonesia untuk mempererat persahabatan dengan Indonesia. Rencananya, juga akan dilakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut Indonesia.

Ketiga kapal tersebut, yang disambut oleh Wakil Kedubes Jepang untuk Indonesia Makita Shimokawa, dikomandani oleh Kolonel Laut Tomoo Mizukami.

Mizukami mengatakan, banyak kapal berbendera Jepang yang melalui jalur pelayaran di Laut China Selatan, karena negara-negara setempat beserta pasukan bela diri Jepang harus menjaga keamanannya. Dia mengungkapkan kekhawatirannya akan peningkatan teknologi tempur China yang dapat mengganggu kestabilan kawasan Laut China Selatan.

Sebelumnya, Oktober 2010 lalu, dua kapal latih Jepang Kapal Yamagiri dan Kapal Pengawal Sawayuki di bawah komando Laksamana Muda Shinichi Tokumaru pernah berlabuh juga di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada saat itu, kedua kapal yang membawa 710 anggota pasukan tersebut berada di Jakarta dari 2-5 Oktober 2010 untuk memeriahkan Jak-Japan Matsuri dan melakukan latihan bersama AL Indonesia.

Mizukami rencananya akan melakukan kunjungan kehormatan ke Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) dan Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (KOARMABAR) hari ini, Rabu (29/2).

Enter your email address:

Leave a Reply