Aksi Kemanusiaan TNI di Haiti

0 komentar
PRAJURIT TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XXXII-A/MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haïti), Selasa (31/1), membantu membersihkan rumah sakit dan klinik yang merupakan sarana umum bagi masyarakat lokal di kota Gonaives-Haiti.

Satgas Kizi TNI dibawah pimpinan Letkol Czi Winarno (Akmil 1993). Satgas berkekuatan 167 prajurit TNI terdiri dari 143 TNI AD, 21 TNI AL dan 3 TNI AU ini tengah melaksanakan tugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Haiti selama satu tahun pada misi Minustah dalam rangka rekonstruksi dan rehabilitasi daerah yang terkena dampak bencana gempa bumi di Haiti. Serta melaksanakan tugas-tugas Vertical Constructions dan Horizontal Constructions dalam rangka mendukung dan mensukseskan tugas Minustah di Haiti.



Menurut Komandan Satgas Letkol Czi Winarno, medical center tersebut merupakan milik sebuah yayasan keagamaan Katolik di daerah Gonaives. Kontingen Indonesia selalu bersikap netral dan fokus membantu masyarakat Haiti tanpa melihat dari perbedaan yang ada.

“Pekerjaaan pembersihan tersebut merupakan suatu bukti kedekatan Pasukan Garuda dengan masyarakat Gonaives-Haiti. Dalam kegiatan ini masyarakat setempat juga turut membantu pekerjaan secara bersama-sama, sehingga terlihat terjalin hubungan yang baik antara Indonesia dengan masyarakat Haiti”, ujar Letkol Winarno, dalam rilis yang diterima PelitaOnline, di Jakarta, Rabu (1/2).

Lebih lanjut dikatakan, pada pekerjaan yang dilakukan kedepan lebih diarahkan untuk membantu sarana dan prasarana umum masyarakat Haiti yang sudah dua tahun berangsur pulih semenjak gempa pada 12 Januari 2010. Sehingga kedatangan Pasukan Garuda benar-benar memberikan suatu arti bagi masyarakat Haiti.

Enter your email address:

Leave a Reply