Iran Siap Perkuat Militer Lebanon

0 komentar
Militer Iran siap bantu Lebanon (Foto: AP)
TEHERAN - Hubungan antara Iran dengan Lebanon memang dikenal dekat. Iran bahkan menyatakan kesiapannya untuk memperkuat militer Lebanon.

Tentunya kesiapan Iran ini menjadi nafas segar bagi militer Lebanon. Mereka pun menyambut baik keputusan dari Negeri Paramullah itu.

"Iran siap untuk memperkuat militer Lebanon. Penting bagi Iran untuk memberikan dukungan bagi Lebanon, agar mampu melawan ancaman dari luar serta aksi terorisme," jelas Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi seperti dikutip Trend, Senin (27/2/2012).

Vahidi menambahkan, bahwa Lebanon harus memiliki militer yang kuat untuk melindungi negaranya sendiri. Tentunya Lebanon melalui Menteri Pertahanan Fayez Ghosn, menilai hal ini dapat membantu kekuatan negaranya.

Kedua negara memang dikenal amat dekat. Kedekatan ini memang tidak lepas juga dukungan Iran kepada Hizbullah yang berada di Lebanon.

Keterkaitan keduanya juga membuat Hizbullah turut disalahkan dalam insiden pengeboman kedutaan besar Israel di India dan Georgia. Israel menuduh Hizbullah Lebanon terlibat dalam kedua pengeboman itu bersama dengan Iran.

Israel menuduh Hizbullah turut terlibat karena ingin membalas dendam atas kematian pejabat militer Hizbullah Imad Mughniyeh yang tewas dalam ledakan bom mobil misterius di Damaskus, Suriah, pada 2008 lalu. Meski menepis terlibat, Hizbullah bersumpah akan membalas dendam atas kematian Mugniyeh.

Ketegangan hubungan antara Israel dan Iran yang semakin memanas juga mengundang perhatian yang cukup serius bagi Hizbullah. Nasrallah bahkan mengatakan, Iran takkan meminta Hizbullah agar menyerang Israel. Namun, Hizbullah akan bersiap diri untuk mengambil tindakan guna merespons sikap Israel.

Enter your email address:

Leave a Reply