Militer Mesir Pecat Jenderal Hapus Citra Buruk Publik

0 komentar
WartaNews-Kairo - Pemimpin militer Mesir telah memecat seorang Jenderal yang bertanggung jawab untuk urusan media, diduga demi menghilangkan citra buruk, terkait pembunuhan para pemrotes dan tuduhan bahwa tentara telah merusak revolusi demokratis di negara itu.


Perubahan tersebut adalah yang pertama terhadap Jenderal, sejak dewan militer merebut kekuasaan dari Presiden Hosni Mubarak, saat pemberontakan rakyat Februari lalu.


Sumber di kementerian pertahanan Mesir mengungkapkan bahwa Mayor Jenderal Ismail Etman, 60 tahun, telah dibebaskan dari tugas dan digantikan oleh Mayor Jenderal Ahmed Abu El-Dahab sebagai direktur divisi artileri. Keputusan itu lalu diumumkan oleh media pemerintah.

Sebuah sumber yang dekat dengan dewan militer juga mengatakan bahwa hal itu lantaran khawatir tentang citra publik yang memburuk.


"Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata menyimpulkan bahwa gambaran tentara di media telah memburuk selama setahun terakhir di bawah kepemimpinan Etman," kata sumber itu.

Sumber tersebut menambahkan keputusan mengganti kepemimpinan baru untuk meningkatkan kinerja angkatan bersenjata dan ditetapkan langsung oleh Marsekal Hussein Tantawi Mohamed, yang mengepalai dewan militer.


Tantawi berulangkali mencoba untuk meningkatkan citra militer di depan publik. Ia menyerukan warga Mesir untuk bergabung dengan tentara dan memerintahkan pembentukan sebuah komite jenderal guna memastikan pemberitaan positif di media.


Kementerian pertahanan dikabarkan menjadikan Etman sebagai salah satu penasihat Tantawi, meski tidak lagi menjadi anggota dari 20 dewan militer. Posisi Etman saat ini merupakan jabatan yang diberikan kepada petugas, terkait hubungan erat dengan pimpinan tentara.

Enter your email address:

Leave a Reply