Setelah 18 Hari di Pasifik KRI Dewaruci Tiba Hawai

0 komentar

Setelah cukup panjang di ombang-ambingkan gelombang Pasifik KRI Dewaruci  dengan komandan  Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseta Rabu(29/2) jam 09.00 waktu setempat/ jam 02.00 Kamis dini hari  tiba di dermaga Pangkalan US Navy  Pear Harbour Hawai disambut oleh Komandan Pangkalan Gabungan US Navy  Capt Jeff James, komandan  kapal perang USS Chung- Hoon ( DDG-93) CDR Justin P  Orlinch  serta  mendapat sambutan dari Konsulat KBRI di Los Angeles  Ibu Mahdalena Frederika .W .

 

Dalam rombongan penyambutan tersebut, hadir  Athase Laut  Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi  dan warga negara Republik Indonesia/ mahasiswa yang sedang kuliah di  Hawai.

Setelah itu para undangan memasuki kapal dan di sambut oleh tarian badinding yang di peragakan oleh prajurit  KRI Dewaruci yang sudah beberapa hari latihan saat di tengah laut meski ombak kurang bersahabat. Penampilan kesenian  tari badinding tersebut sangat menghibur rombongan dan mendapat apresiasi dari tentera US Navy.

Diakhir kunjungan tersebut, Komandan KRI Dewaruci di ruang Salon memberikan cinderamata kepada  Capt Jeff James, dan CDR Justin P Orlinch serta kepada   Konsulat KBRI di LA ibu Mahdalena  Fredika .W.

Menurut rencana, KRI DWR akan berada di Pear Harbour selama dua hari yang akan di gunakan untuk pengisian BBM, bahan basah dan perawatan kapal terutama pengelasan stak patung di haluan kapal   serta cocor yang retak akibat terjangan gelombang selama di Samudera Pasifik. Juga membuat beberapa mur baut patung Dewaruci yang melekat di haluan kapal patah. Selama dalam perjalanan menuju Hawai beberapa kerusakan tersebut sudah di atasi sementara oleh prajurit KRI DWR, tapi untuk pengelasan belum dapat dikerjakan karena cuaca yang tidak memungkinkan.


Selama merapat, KRI DWR melaksanakan open ship bagi masyarakat, mahasiswa, pelajar bahkan tentara  dan keluarga US Navy juga banyak yang berkunjung  ke kapal.

Enter your email address:

Leave a Reply