Mari Mengenal Pasukan Selambair TNI-AL

0 komentar
Angkatan Laut Indonesia dikenal memiliki pasukan khusus seperti Pasukan Katak dan Marinir. Ternyata, ada satu lagi pasukan yang tugasnya tak kalah penting, namanya Dislambair alias Dinas Penyelamatan di Bawah Air. Tapi, Dislambair diterjunkan bukan untuk menaklukkan musuh, melainkan untuk misi perdamaian atau mengatasi bencana.

Kebetulan, beberapa waktu lalu Liputan 6 SCTV berkesempatan melihat latihan rutin Dislambair di Markas Komando Armatim di Surabaya, Jawa Timur. Latihan rutin kali ini adalah melakukan pengelasan dan pemotongan baja di dalam tabung air. Tak mau kalah, reporter SCTV Boy Bakamaro turut menyelam di dalam kolam latihan.

Selama di dalam kolam, para personel Selambair menjalani latihan mengelas dan memotong besi. Memang butuh waktu yang cukup lama, karena ini bukan kerja yang umum dilakukan di dalam air.

Menurut Kadislambair Koarmatim, Kolonel (Laut) Birawa Budijuwana, penyelam TNI-AL pada umumnya adalah penyelam tempur yang sifatnya adalah merusak. Sedangkan personel Selambair adalah penyelam pekerja. "Mereka bertugas dalam pembersihan ranjau, pembuatan konstruksi laut, serta perawatan kapal perang," jelas Kolonel Budi.

Jika Anda suka bagian keteknikan dan tertarik jadi personel angkatan laut, Dinas Selambair ternyata siap menampung calon perwira baru.

Enter your email address:

Leave a Reply