NATO Berang Atas Tuduhan Pembangunan Basis Militer di Rusia

0 komentar
MOSKOW - North Atlantic Treaty Organization (NATO) mengecam tuduhan-tuduhan mengenai pembangunan basis militer di Rusia. NATO pun menjelaskan secara detil perjanjian pembangunan basis distribusi logistik di Kota Ulyanovsk, Rusia.

"Saya sangat terkejut dengan munculnya pertanyaan tentang pendirian basis militer NATO di Rusia. Ini adalah fasilitas baru, bukanlah basis militer atau depot. Tidak ada militer kami ataupun persenjataan di sana," ujar Direktur Biro Informasi NATO di Rusia Robert Pszel, seperti dikutip RIA Novosti, Kamis (12/4/2012).


"Rusia dan NATO mencoba untuk menstabilkan situasi di Afghanistan, oleh karena itulah Kota Ulyanovsk dipilih menjadi basis penempatan logistik," imbuhnya.

Kementerian Pertahanan Rusia juga sudah mengadakan perjanjian dengan NATO agar basis distribusi tersebut tidak digunakan untuk mengirimkan persenjataan. Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengatakan, keberadaan fasilitas tersebut adalah bentuk dari kepedulian Rusia terhadap Afghanistan.

Penjelasan-penjelasan mengenai pembangunan fasilitas distribusi logistik itu sudah berkali-kali dilaporkan oleh Pemerintah Rusia. Deputi Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin menilai, siapa pun yang menganggap NATO mendirikan basis militer di Rusia adalah orang idiot.

Negeri Beruang Merah bahkan tidak akan pernah lengah dalam mengawasi fasilitas distribusi tersebut dan tidak akan membiarkan adanya aktivitas militer NATO di wilayahnya. Pendirian basis itu juga merupakan gagasan Amerika Serikat (AS) yang berniat untuk menarik pasukannya di Afghanistan pada 2013 mendatang

Enter your email address:

Leave a Reply