Komandan Indobatt Tour Area Operasi di Wilayah Israel

0 komentar
Komandan Satuan Tugas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL atau Indonesian Batallion (Indobatt) Letkol Inf Suharto Sudarsono mengikuti Tour Area Operasi di sepanjang perbatasan blue line yang berada di wilayah Israel, Selasa (17/4/2012).

Tour yang diikuti oleh tiga Komandan Batalyon dibawah jajaran Sektor Timur ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui secara dekat batas-batas negara Lebanon dengan Israel, khususnya batas yang terletak dekat dengan area operasi tiga Batalyon jajaran UNIFIL, yaitu Batalyon Indonesia, Batalyon Nepal dan Batalyon India.

Tour ke wilayah Israel ini merupakan program UNIFIL, diikuti oleh 3 (tiga) Dansatgas jajaran UNIFIL yaitu Dansatgas Indobatt, Indiabatt dan Nepalbatt. Pelaksanaannya diawali dari pintu masuk perbatasan di UN Posn 1-32A  di Naqoura yang merupakan Area Operasi Italia Batallion, setelah melalui pemeriksaan ketat Dansatgas beserta rombongan memasuki Israel disambut oleh perwira dari IDF (Israel Defense Force) dilanjutkan menuju Observation  Post  (OP) Israel untuk mengamati batas-batas blue line antar kedua negara dari atas OP.

Setelah melaksanakan pengamatan dari OP  IDF, dilanjutkan menuju post pengamatan Israel di dekat Fatimah Gate, usai melaksanakan pengamatan dari pos tersebut rombongan selanjutnya bergerak menyusuri route patroli IDF disepanjang blue line melewati jalan dekat pos Indonesia, yaitu pos Panorama Point, TP 37 dan TP 36 yang berada di wilayah Lebanon.

Perjalanan tour yang ditempuh selama kurang lebih 2 (dua) jam ini berakhir hingga di pos Syeh Abadthom yang merupakan Area Operasi Batalyon Nepal dan kembali masuk ke Lebanon melalui pintu masuk sebelumnya.

Turut serta mendampingi Komandan Satgas dalam Tour ini, Kasi Intel Kapten Inf Nurudin dan Pasiops Satgas Lettu Inf Budi Prakoso.

Enter your email address:

Leave a Reply