Siswa Secata TNI AD Gelar Karya Bhakti di Lokasi Latihan

0 komentar
Para siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam IV/Diponegoro menggelar karya bhakti di sela-sela latihan berganda, Sabtu (7/4). Karya bakti diwujudkan dengan membantu masyarakat di sekitar lokasi latihan.
Siswa Dikmata TNI AD bersama masyarakat membersihan dan melakukan pengecatan ulang masjid Al Hidayah di Dusun Kaliputih Desa/Kecamatan Sempor, Kebumen. Tidak hanya itu, calon prajurit TNI AD ITU juga membersihkan jalan sepanjang 700 meter menuju objek wisata Waduk Sempor.
Komandan Secata Letkol Inf Ganardyto Herry Kuntjahjono mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar daerah latihan. Sekaligus pembelajaran kepada siswa agar senantiasa peduli dengan masyarakat daerah latihan terutama tempat ibadah.
"Karya bhakti juga sebagai wujud kepedulian sekaligus kemanunggalan TNI dengan rakyat di sekitar latihan," ujar Letkol Inf Ganardyto Herry Kuntjahjono didampingi Koordinator Lapangan Lettu Inf Ariyadi kepada Suara Merdeka di sela-sela latihan.
Lettu Inf Ariyadi menambahkan, latihan berganda yang digelar mulai 2-9 April 2012 itu diikuti oleh 271 siswa. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain kesehatan jasmani seperti kesehatan lapangan, kemudian taktik tempur meliputi patroli pelopor, dan patroli keamanan, serta penyergapan dan penggeledahan rumah.
Hari terakhir dilaksanakan ketahanan mars yakni dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 55 km. Longmarch dimulai dari Kecamatan Karanggayam menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan ke Sempor. Secara umum latihan berganda dimaksudkan untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan selama pendidikan. "Tujuannya untuk mengukur dan menilai sejauh mana pelajaran dan latihan selama pendidikan dapat diserap oleh prajurit siswa dalam situasi yang disimulasikan," imbuhnya.

Enter your email address:

Leave a Reply