Dua Perwira TNI Terima UN Peace Medal

0 komentar
Dua Perwira TNI yang bertugas sebagai staff officer di United Nations Interim Force in Lebanon Head Quarter menerima penganugerahan United Nation Peace Medal pada 13 April 2012. Medali itu mereka raih karena pengabdian sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian di Lebanon Selatan oleh UNFIL Force Comander.

UNIFIL FC Mayor Jenderal Paolo Serra dari Italy mengatakan, UN Peace Medal adalah penghargaan yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atas pengabdian pasukan penjaga perdamaian di Lebanon. Pasalnya, mereka berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan penerapan mandat PBB Resolusi 1701.


Lebanon, Perwira tersebut adalah Mayor (Inf) Fanny Pantouw yang berdinas di J7 Training Lesson Learned, yang memiliki tugas sebagai project officer pada latihan gabungan tingkat UNIFIL serta penyelenggarainduction training bagi pasukan penjaga perdamaian yang baru tiba di daerah misi. Satu orang lainnya adalah Kapten Laut (E) Indra S Putra yang berdinas di J6 Comunication beserta 33 staff officer dari beberapa negara, antara lain Austria, Belgia, Hongaria, Italia, India, Jerman, Korea, Perancis, Spanyol, dan Turki.

UNIFIL HQ staff officer adalah military staff yang langsung berada di bawah UNIFIL FC. Mereka merupakan perwakilan dari 37 negara dan menduduki jabatan sesuai dengan struktur organisasi UNIFIL. TNI telah mengirimkan 13 perwira menengah, 1 perwira pertama, dan 3 bintara untuk mengisi jabatan UNIFIL HQ staff officer, sebagai bagian dari sekitar 1.347 anggota pasukan perdamaian TNI yang berada di Lebanon.

Upacara penganugerahan medali ini dihadiri para pejabat UNIFIL dan seluruh Troop Contribution Country (TCC) dari 37 negara yang tergabung dalam UNIFIL. Kontingen Indonesia termasuk di dalamnya, yang dihadiri antara lain oleh Contingen Commander (Contico) Kolonel Adm Darmawan Bhakti sebagai Dansatgas FHQSU, seluruh perwira senior staff officer, dan Dansatgas Force Protection Company Mayor (Inf) Wimoko.

Enter your email address:

Leave a Reply