Tiga Dansatagas Unifil Kunjungi Israel

0 komentar
Tiga Dansatgas dibawah naungan UNIFIL melaksanakan tour ke wilayah Israel.Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi, mengatakan, Komandan Satuan Tugas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) Letkol Inf Suharto Sudarsono, Selasa, 17 April, mengikuti Tour Area Operasi di sepanjang perbatasan blue line yang berada di wilayah Israel.

Tour diikuti oleh tiga Komandan Batalyon dibawah jajaran Sektor Timur, yakni Batalyon Indonesia (Indobatt), Batalyon Nepal (Nepalbatt), dan Batalyon India (Indiabatt). Acara tour dilakukan dalam rangka untuk mengetahui secara dekat, batas-batas negara Lebanon dengan Israel, khususnya batas yang terletak dekat dengan area operasi tiga Batalyon jajaran UNIFIL tersebut.


Pelaksanaan tour diawali dari pintu masuk perbatasan di UN Posn 1-32A  di Naqoura, yang merupakan Area Operasi Italia Batallion. Setelah melalui pemeriksaan ketat, tiga Dansatgas beserta rombongan memasuki wilayah Israel yang disambut oleh perwira dari IDF (Israel Defense Force). “Kegiatan dilanjutkan menuju Observation  Post (OP) Israel untuk mengamati batas-batas blue line antar kedua negara dari atas OP, “kata Lettu Suwandi.

Usai melaksanakan pengamatan dari OP  IDF, kemudian dilanjutkan menuju post pengamatan Israel di dekat Fatimah Gate, dari pos tersebut rombongan selanjutnya bergerak menyusuri route patroli IDF disepanjang blue line , melewati jalan dekat pos Indonesia, yaitu pos Panorama Point, TP 37 dan TP 36 yang berada di wilayah Lebanon.

Perjalanan tour yang ditempuh selama kurang lebih dua jam ini, berakhir hingga di pos Syeh Abadthom, yang merupakan Area Operasi Batalyon Nepal dan kembali masuk ke Lebanon, melalui pintu masuk sebelumnya. “Komandan Satgas, dalam Tour ini, didampingi Kasi Intel Kapten Inf Nurudin dan Pasiops Satgas Lettu Inf Budi Prakoso,” kata Suwandi.

Enter your email address:

Leave a Reply