SBY: Sudah Lama Indonesia Tak Lakukan Modernisasi Alutsista

0 komentar
Presiden SBY rupanya terus memantau rencana TNI untuk melakukan modernisasi Alutsista dengan membeli tank Leopard dari Belanda. SBY memberikan persetujuannya bila TNI ingin melakukan modernisasi Alutsista.

"Sudah lama kita tidak melakukan modernisasi dan kekuatan yang memadai. Dalam modernisasi Alutsista memang kita tertinggal dari negara lain," ujar SBY saat membuka sidang kabinet terbatas di kantor presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (2/2/2012).


Menurut SBY, jajaran TNI harus bisa menjelaskan mengenai rencana pemberian Alutsista ini kepada masyarakat luas secara gamblang. Sehingga masyarakat bisa mengerti alasan TNI untuk melakukan modernisasi Alutsista.

"Jajaran terkait harus menjelaskan segamblang-gamblangnya, agar dapat dimengerti rakyat kita. Misalnya, menghadapi ancaman yang riil di negeri ini kekuatan dan keamanan kita tidak boleh lemah," terangnya.

SBY mengakui, selama ini modernisasi Alutsista seperti di anak tirikan. Padahal modernisasi Alutsista adalah hal penting untuk menjaga wilayah kedaulatan negara.

"Kami ingin menutup apa yang tertinggal. 20 tahun pembangunan modernisasi kita memang tidak berjalan karena masalah ekonomi," kata SBY.

Sebelumnya SBY juga menegaskan agar tidak ada mark up atau kongkalikong dalam rencana modernisasi Alutsista. SBY minta agar bisnis alutsista dijalankan dengan baik. Jangan sampai ada lobi-lobi atau kongkalikong untuk meninggikan harga Alutsista sehingga merugikan negara.

"Saya sudah lama menengarai dulu, sekarang tidak kita jalankan lagi kultur untuk mark up, kongkalikong perusahaan tertentu yang merugikan negara. Jangan lagi seperti itu," ujar SBY

Enter your email address:

Leave a Reply