China Tangkap Kapal Vietnam & Minta Tebusan

0 komentar
Kapal patroli China menangkap kapal nelayan Vietnam di Laut Timur. Tak hanya itu China meminta tebusan USD6.250 atau sekira Rp53 juta.

Ketua Komite Rakyat di Provinsi Quang Binh, Nguyen Ngoc Hieu, menyatakan kapal nelayan yang memuat lima nelayan diserang kapal patroli militer CHina di dekat pelabuhan Chan May, Provinsi Thua Thien Hue, Vietnam. Demikian seperti diberitakan Thanh Nien, Senin (22/8/2011).

Istri pemilik kapal nelayan itu, Nguyen Thi Hang, menerima telepon dari China dan dia dipaksa untuk memberikan uang sebesar USD6.250 atau kepada China bila kapalnya dan lima nelayan dibebaskan.

Hingga saat ini, Departemen Luar Negeri Vietnam belum menerima informasi lebih lanjut dari China terkait penyerangan kapal nelayan ini.

Penyerangan terhadap kapal nelayan Vietnam oleh China sebelumnya juga sempat terjadi. Para nelayan Vietnam dipukuli Angkatan Laut China. Ini terjadi ketika nelayan Vietnam melaut di wilayah perairan Laut China Selatan.

Konflik Laut China Selatan menyebabkan ketegangan antara China dan Vietnam. Filipina yang berkepentingan dengan Laut China Selatan juga mengalami kerenggangan hubungan dengan China dan Vietnam akibat sengketa wilayah ini.

Enter your email address:

Leave a Reply